PENGARUH DIMENSI SIKAP GENERASI MILLENNIAL PADA PRODUCT PLACEMENT SMARTPHONE SAMSUNG S7 (Studi pada Drama Korea Berjudul Goblin)

Andriani, Stefani (2017) PENGARUH DIMENSI SIKAP GENERASI MILLENNIAL PADA PRODUCT PLACEMENT SMARTPHONE SAMSUNG S7 (Studi pada Drama Korea Berjudul Goblin). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
EM202280.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB I)
EM202281.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB II)
EM202282.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
EM202283.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB IV)
EM202284.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB V)
EM202285.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia mengalami fenomena masuknya budaya Korea Selatan yang biasa disebut Hallyu atau Korean Wave. Di lain sisi, remaja, yang sebagian besar merupakan kelompok generasi Y, telah menggeser waktu menonton televisi mereka menjadi waktu untuk melihat internet. Berkembangnya industri hiburan Korea Selatan di Indonesia, ditambah dengan bantuan teknologi Internet di antara generasi millennial ini mendorong para pemasar produk untuk menggunakan product placement yang dilakukan dengan menyelipkan produk dan/atau merek pada alur cerita drama Korea. Dengan demikian, penonton dapat melihat produk dan/atau merek dalam drama Korea yang mereka tonton, yang ditunjukkan baik secara verbal maupun secara non-verbal. Semakin banyaknya praktik product placement yang dilakukan berbagai sponsor, bahkan sponsor dari perusahaan luar Korea Selatan, menyebabkan peneliti tertarik untuk meneliti sikap yang ditunjukkan penonton drama Korea terhadap product placement Penelitian dilakukan terhadap penonton drama Korea yang telah menonton drama yang berjudul Goblin dan mampu menjawab setidaknya satu produk atau merek yang diingat, yang muncul pada drama tersebut. Data kuantitatif diperoleh dari kuesioner yang disebar melalui media online. Dengan data tersebut peneliti menguji beberapa hubungan yang terjadi di antara objek penelitian berupa sikap terhadap aktor, kesesuaian aktor terhadap merek, sikap terhadap karakter, sikap terhadap drama Korea, sikap terhadap product placement, dan sikap terhadap merek. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh (1) sikap terhadap aktor pada sikap terhadap merek, (2) sikap terhadap aktor pada sikap terhadap product placement, (3) kesesuaian aktor dan merek pada sikap terhadap product placement, (4) kesesuaian aktor dan merek pada sikap terhadap product placement, (5) sikap terhadap karakter pada sikap terhadap product placement, (6) sikap terhadap drama Korea pada sikap terhadap product placement, dan (5) sikap terhadap product placement pada sikap terhadap merek. Sikap penonton terhadap product placement juga terbukti merupakan mediasi penuh (1) pengaruh sikap terhadap aktor pada sikap terhadap merek; dan (2) pengaruh kesesuaian aktor dan merek pada sikap terhadap merek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: product placement, generasi millennial, sikap (attitude), aktor, merek, karakter, drama
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Oct 2017 12:54
Last Modified: 23 Oct 2017 12:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12641

Actions (login required)

View Item View Item