FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN SMARTPHONE (Studi pembelian konsumen pada produk smartphone di Yogyakarta)

Tantama, Rivando Chandra (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN SMARTPHONE (Studi pembelian konsumen pada produk smartphone di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
EM198080.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
EM198081.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB II)
EM198082.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB III)
EM198083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB IV)
EM198084.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB V)
EM198085.pdf

Download (494kB)

Abstract

Banyak produk smartphone yang dipasarkan dengan fitur yang hampir sama satu dengan yang lainnya. Konsumen dapat memilih atau membeli produk smartphone sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran belanja mereka. Dalam proses pencarian informasi tersebut, konsumen tentunya memiliki kriteria tertentu yang akan digunakan sebagai dasar pemilihan produk smartphone. Penelitian ini dilakukan untuk eksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan konsumen pada produk smartphone. Penelitian dilakukan pada 200 konsumen pengguna produk smartphone dari berbagai merek di Yogyakarta pada bulan Maret 2017. Metode analisis yang digunakan adalah analiis faktor, analisis independent sample t-test dan analisis oneway anova. Hasil penelitian diketahui ada delapan faktor yang mempengaruhi pemilihan konsumen pada produk smartphone yaitu: inovasi fitur, brand dan basic properties, outside influence, desain, reliability, harga, manfaat simbolik, dan multimedia. Hasil lain dari penelitian ini memberikan informasi bahwa: Konsumen pria memiliki penilaian yang lebih tinggi pada faktor brand and basic propertis, sedangkan konsumen wanita memiliki penilaian yang lebih tinggi pada faktor multimedia. Konsumen pendidikan Sarjana Strata 2 memiliki penilaian yang lebih tinggi pada faktor inovasi dan fitur serta faktor brand and basic propertis. Konsumen pendidikan Sarjana Strata 1 memiliki penilaian yang lebih tinggi pada faktor manfaat simbolik. Konsumen dengan penghasilan lebih dari Rp 5.000.000 memiliki penilaian yang lebih tinggi pada faktor inovasi dan fitur, faktor brand and basic propertis, faktor reliability dan faktor manfaat simbolik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan produk dan smartphone.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Nov 2017 09:24
Last Modified: 02 Nov 2017 09:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12708

Actions (login required)

View Item View Item