KUALITAS DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN MINUMAN SERBUK EFFERVESCENT KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) DENGAN VARIASI KONSENTRASI MALTODEKSTRIN

Usmandoyo, Campaka Sandipuspa (2017) KUALITAS DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN MINUMAN SERBUK EFFERVESCENT KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) DENGAN VARIASI KONSENTRASI MALTODEKSTRIN. .. pp. 1-18. ISSN .

[img] Text (JURNAL (PGN/664.024/Cem/17))
JURNAL.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian mengenai kualitas minuman serbuk effervescent kulit buah naga merah (Hylocereus Polyrhizus) dengan variasi maltodekstrin bertujuan untuk dapat diketahuinya pengaruh dari variasi kadar maltodekstrin yang digunakan terhadap kualitas minuman serbuk effervescent kulit buah naga merah (Hylocereus Polyrhizus). Pada penelitian ini kulit buah naga (Hylocereus Polyrhizus) diolah menjadi minuman serbuk untuk dapat memperpanjang umur simpan dan kulit buah naga (Hylocereus Polyrhizus) yang biasanya hanya dibuang, melainkan nilai kegunaannya dapat ditambahkan yaitu dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan minuman serbuk. Pembuatan minuman serbuk effervescent dilakukan dengan tiga variasi maltodekstrin yaitu 10 g, 15 g, dan 20 g. Beberapa pengujian yang dilakukan yaitu penentuan aktivitas antioksidan dengan presentase inhibisi DPPH, uji kandungan total fenolik, uji kadar air, uji kadar abu, analisis warna, uji mikrobiologis, dan uji organoleptik. Ketiga variasi memberikan persen inhibisi DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazil) dengan kisaran 74 – 82 %. Kandungan total fenolik berkisar antara 20 – 82,5 GAE (Gallic Acid Equivalent) mg/100g. Kadar abu minuman serbuk berkisar antara 1 – 3,48 %. dan kadar air 3,25 – 6,73 %. Variasi maltodekstrin berpengaruh terhadap kadar abu, total fenolik, aktivitas antioksidan, waktu larut, kadar air dan uji ALT. Minuman serbuk effervescent kulit buah naga merah (Hylocereus Polyrhizus) secara keseluruhan yaitu dengan variasi maltodekstrin yang terbaik dalam pembuatan minuman serbuk kulit buah naga merah (Hylocereus Polyrhizus) adalah dengan variasi maltodekstrin 20 g.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Serbuk effervescent, kulit buah naga merah, dan maltodekstrin.
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Nov 2017 10:48
Last Modified: 21 Nov 2017 10:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item