PENINGKATAN MASA SIMPAN BUAH STROBERI (Fragaria vesca) DENGAN PEMBERIAN EDIBLE COATING DARI PATI BATANG AREN (Arenga pinnata) DAN SARI JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia)

Monica, Sylvie (2017) PENINGKATAN MASA SIMPAN BUAH STROBERI (Fragaria vesca) DENGAN PEMBERIAN EDIBLE COATING DARI PATI BATANG AREN (Arenga pinnata) DAN SARI JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL (PGN/664.024/Syi/17))
BL013390.pdf

Download (642kB)
[img] Text (BAB I)
BL013391.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB II)
BL013392.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
BL013393.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
BL013394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Text (BAB V)
BL013395.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buah stroberi merupakan salah satu buah yang banyak digemari di Indonesia. Umur simpan stroberi yang cenderung pendek menyebabkan harga jual stroberi menjadi tinggi dan tidak dapat dijual ke luar pulau karena mudah rusak saat transportasi. Buah stroberi juga rentan terhadap serangan bakteri asam laktat, kapang, dan khamir sehingga mempercepat kerusakan buah. Salah satu upaya dalam rangka memperpanjang masa simpan buah stroberi adalah dengan memberikan suatu pelapis yang memiliki kandungan antibakteri. Edible coating akan dipadukan dengan air perasan jeruk nipis yang dikenal mempunyai sifat antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsentrasi edible coating jeruk nipis yang tepat dalam memperpanjang umur simpan buah stroberi. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RALF) dengan tiga kali pengulangan. Edible coating dari pati batang aren akan dipadukan dengan air perasan jeruk nipis dengan variasi konsentrasi 0 %, 3,5 %; 6,5 %; dan 12,5 %, lalu akan ditambahkan gliserol sebagai plasticizer. Buahstroberi akan dicelupkan pada edible coating dan diuji pada hari penyimpanan ke 0 hingga hari penyimpanan ke 4. Metode yang digunakan antara lain uji kimia pati batang aren, uji pendahuluan buah stroberi, pembuatan edible coating, uji zona hambat edible coating jeruk nipis, dan uji kualitas buah stroberi selama penyimpanan. Hasil menunjukkan bahwa buah stroberi selama penyimpanan mampu mengurangi jumlah bakteri, kapang, dan khamir. Perpaduan edible coating jeruk nipis berpengaruh terhadap kadar air, uji angka lempeng total (ALT), dan uji kapang khamir selama masa simpan buah stroberi. Konsentrasiedible coating jeruk nipis terbaik adalah 3,5%, karena tidak menambah rasa asam pada stroberi setelah diberikan edible coating jeruk nipis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Edible coating, Jeruk nipis, Stroberi, Umur simpan
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Nov 2017 12:28
Last Modified: 23 Nov 2017 12:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12933

Actions (login required)

View Item View Item