PATI GANYONG (Canna edulis Ker) DAN BUBUK KUNYIT PUTIH (Curcuma zedoaria Rosc) SEBAGAI EDIBLE COATING DALAM MENGHAMBAT PENURUNAN KUALITAS TAHU

Nurhayati, Renita (2017) PATI GANYONG (Canna edulis Ker) DAN BUBUK KUNYIT PUTIH (Curcuma zedoaria Rosc) SEBAGAI EDIBLE COATING DALAM MENGHAMBAT PENURUNAN KUALITAS TAHU. .. pp. 1-19. ISSN .

[img] Text (JURNAL)
JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tahu adalah salah satu produk makanan yang berupa padatan lunak yang dibuat melalui proses pengolahan kedelai dengan nilai kadar air tahu berkisar antara 70 % - 85 %, sehingga membuat tahu mudah mengalami pembusukan. Oleh karena itu, tahu diperlukan perlakuan khusus untuk menghambat penurunan kualitas tahu tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menghambat penurunan kualitas tahu tersebut adalah dengan aplikasi edible coating yang terbuat dari pati ganyong dengan variasi bubuk kunyit putih sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pati ganyong dan bubuk kunyit putih dalam menghambat penurunan kualitas tahu, mengetahui konsentrasi optimal pati ganyong dan bubuk kunyit putih yang dapat digunakan sebagai edible coating dalam menghambat penurunan kualitas tahu,dan mengetahui lama edible coating dari pati ganyong dan bubuk kunyit putih dapat menghambat penurunan kualitas tahu. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan tiga kali pengulangan. Edible coating dibuat dengan formulasi pati ganyong dengan variasi 2 %, bubuk kunyit putih 1 %, 2 %, dan 3 %, dan gliserol 2 %, yang kemudian diaplikasikan pada tahu. Metode yang digunakan pada penelitian ini dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu uji kualitas pati ganyong dan tahu, pembuatan edible coating, dan aplikasinya dan uji tahu selama penyimpanan. Edible coating dengan perlakuan bubuk kunyit putih 3 % adalah perlakuan terbaik dalam menghambat penurunan kualitas tahu dengan lama penyimpanan 1 hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Edible coating, pati ganyong, bubuk kunyit putih, dan tahu.
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Dec 2017 08:54
Last Modified: 04 Dec 2017 08:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item View Item