KEPUASAN REMAJA TERHADAP BERITA RUBRIK KACA DI SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT (Studi Kuantitatif tentang Kepuasan Pelajar SMA Negeri 1 Yogyakarta terhadap Berita Rubrik Kaca di Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat)

Prihati, Monica Agustin (2011) KEPUASAN REMAJA TERHADAP BERITA RUBRIK KACA DI SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT (Studi Kuantitatif tentang Kepuasan Pelajar SMA Negeri 1 Yogyakarta terhadap Berita Rubrik Kaca di Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02779.pdf

Download (449kB)
[img] Text (Bab I)
1KOM02779.pdf

Download (652kB)
[img] Text (Bab II)
2KOM02779.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02779.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02779.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan media massa di Indonesia dapat dikatakan pesat seiring dengan kebebasan pers saat ini. Kemunculan berbagai media cetak khususnya surat kabar harian pada akhirnya akan menciptakan persaingan media. Media berusaha mendapatkan jumlah pembaca yang besar dengan cara memberikan kepada masyarakat yang diinginkan atau diharapkan melalui berita atau informasi yang ada, sehingga timbulnya kepuasan. Masyarakat membutuhkan informasi untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam hal memperluas wawasan pengetahuan. Media massa hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu media massa adalah media cetak surat kabar harian Kedaulatan Rakyat. Sebagai media cetak yang berkembang di daerah Yogyakarta, surat kabar harian Kedaulatan Rakyat khususnya Rubrik Kaca harus melihat apa yang sebenarnya dicari oleh khalayak berkaitan dengan kebutuhan yang diinginkan (Gratification Sought) dengan apa yang diperoleh khalayak berkaitan dengan kepuasan terhadap pemenuhan kebutuhan yang diinginkan (Gratification Obtained), dalam hal ini kepuasan khalayak remaja atau pelajar SMA Negeri I Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelajar SMA Negeri I Yogyakarta sebagai remaja terhadap berita rubrik Kaca di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat. Dengan rumusan masalah penelitian adalah bagaimana kepuasan pelajar SMA Negeri 1 Yogyakarta sebagai remaja terhadap berita rubrik Kaca di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat, apakah terdapat perbedaan kepuasan antara Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO) pada pelajar SMA Negeri 1 Yogyakarta sebagai remaja terhadap berita Rubrik Kaca di Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat, dan apakah terdapat perbedaan kepuasan pada pelajar SMA Negeri 1 Yogyakarta sebagai remaja terhadap berita Rubrik Kaca di Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat ditinjau dari jenis kelamin responden. Penelitian menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 90 responden. Responden adalah pelajar SMA Negeri 1 Yogyakarta yang pernah membaca berita Rubrik Kaca di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita Rubrik Kaca di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat keseluruhan berdasarkan hasil uji mean yaitu jumlah skor mean GS lebih besar dibandingkan dengan jumlah skor mean GO sebesar 0,89, yang berarti bahwa berita Rubrik Kaca tidak memuaskan khalayak yaitu pelajar SMA Negeri 1 Yogyakarta. Berdasarkan uji t-test, perbedaan rata-rata yang signifikan antara GS dan GO hanya terjadi pada kebutuhan dan kepuasan kognitif, kebutuhan dan kepuasan integratif personal, dan kebutuhan dan kepuasan pelarian. Selain itu, berdasarkan uji t-test diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan kepuasan antara laki-laki dan perempuan terhadap berita Rubrik Kaea di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebutuhan (Gratification Sought), konsumsi media, kepuasan (Gratification Obtained), dan khalayak.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 09:01
Last Modified: 05 Dec 2017 09:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13130

Actions (login required)

View Item View Item