ANALISA DAN PERENCANAAN RUANG PARKIR DI TAMAN TEPIAN MAHAKAM SAMARINDA

WARDHANA, RAHARDIYAN WISNU (2017) ANALISA DAN PERENCANAAN RUANG PARKIR DI TAMAN TEPIAN MAHAKAM SAMARINDA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TS145650.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
TS145651.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB II)
TS145652.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB III)
TS145653.pdf

Download (658kB)
[img] Text (BAB IV)
TS145654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (BAB V)
TS145655.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TS145656.pdf

Download (3MB)

Abstract

Taman Tepian Mahakam merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer bagi warga Kota Samarinda dan sekitarnya. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk Kota Samarinda, kawasan tepian mahakam telah tumbuh menjadi kawasan yang padat. Tepian Mahakam berada sepanjang Jl.Gajah Mada Sampai Jl.Slamet Riyadi. Taman ini mulai dibuka sebagai objek wisata pada periode 1990-an. Bertambahnya jumlah wisatawan tidak sebanding dengan jumlah ruang parkir yang tersedia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik parkir dan untuk perencanaan ruang parkir Taman Tepian Mahakam. Untuk mengetahui karakteristik parkir diperlukan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan pengamatan langsung dilapangan meliputi : Durasi parkir, voleme parkir, akumulasi parkir, indeks parkir dan parkir pergantian parkir (turn over). Data primer diperoleh dengan cara melakukan survei sebanyak dua kali pada hari Senin, 17 April 2017 jam 18:00 – 22:00 wita dan Sabtu , 22 April 2017 jam 18.00 Wita – 23.00 Wita. Dari hasil pengatamatan akan digunakan untuk perencaan ruang parkir Taman Tepian Mahakam. Berdasarkan analisis diketahui bahwa nilai akumulasi maksimal terjadi pada hari Sabtu sebesar 252 untuk kendaraan sepeda motor dan 51 untuk kendaraan mobil, volume maksimal sebesar 592 untuk sepeda motor dan 141 untuk mobil, turn over maksimal sebesar 1,3545 kendaraan/SRP untuk sepeda motor dan 0,4147 kendaraan/SRP untuk mobil dan indeks parkir maksimal sebesar 57,27 untuk sepeda motor dan 12,773 untuk mobil. Terjadi penuran derajat kejenuhan di Jl.Gajah Mada setelah parkir di pindah ke ruang parkir di Taman Tepian Mahakam, nilai DS berkurang dari 0,619 menjadi 0,3719.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ruang parkir, karakterisrik parkir, derajat kejenuhan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 12:19
Last Modified: 05 Dec 2017 12:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13165

Actions (login required)

View Item View Item