STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PRODUCT LIFE CYCLE PADA RESTORAN “X” DI YOGYAKARTA

YUDISTIRA, DWI SAPTA SUKMA (2017) STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PRODUCT LIFE CYCLE PADA RESTORAN “X” DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TI072010.pdf

Download (649kB)
[img] Text (BAB I)
TI072011.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB II)
TI072012.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB III)
TI072013.pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB IV)
TI072014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text (BAB V)
TI072015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TI072016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB VII)
TI072017.pdf

Download (558kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk menyelesaikan masalah dan keluhan konsumen berdasarkan siklus hidup produk. Peneliti membandingkan siklus hidup produk restoran vegan di daerah Malioboro sehingga penelitian ini menggunakan 2 data penjualan yaitu Restoran “X” dan Restoran “Y”dari tahun 2015 hingga 2017. Setelah mengetahui posisi produk Restoran “X”, kemudian menentukan strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan marketing mix 7P. ketujuh variabel tersebut: product, price, promotion, place, physical avidence, process, dan people. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan analisis crosstab. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden diambil dengan 4 tempat berbeda yaitu Restoran “X”, Vihara Bodhicitta Maitreya, Pusdiklat Sukhavati Maitreya, dan Komunitas Atma Vegan Club. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas konsumen di Restoran “X” adalah pria, rata-rata konsumen restoran berusia di bawah 25 tahun. Pekerjaan konsumen restoran mayoritas mahasiswa yang pendidikan terakhirnya mayoritas adalah SMA dengan pengeluaran per bulan sebesar Rp1.500.000 – Rp4.000.000. Penilaian konsumen terhadap strategi bauran pemasaran di Restoran “X” dapat disimpulkan bahwa product terdapat masalah pada variasi menu dan masalah dengan pelayanan yang lama saat terjadi penambahan order, pada price juga terdapat masalah terhadap harga makanan dan minuman, pada place terdapat masalah terhadap sulitnya akses mobil menuju lokasi. Pada promotion terdapat masalah terhadap papan nama yang tidak terlihat jelas disisi jalan dan tidak setuju jika Restoran “X” melakukan promosi melalui voucher, pada physical evidence terdapat masalah pada tempat parkir yang tidak luas, pada process terdapat masalah terhadap proses penyajian yang lama. Namun dari hasil penelitian pada variabel people memiliki skor penilaian yang positif sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat masalah pada variabel tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Siklus Hidup Produk, Marketing mix 7P, Analisis Crosstab, Restoran Vegan.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Dec 2017 13:17
Last Modified: 08 Dec 2017 13:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13210

Actions (login required)

View Item View Item