RIGEL, EMMANUEL RICKY (2017) ANALISIS MINAT PASAR TERHADAP SAYURAN ORGANIK FARM UP INDONESIA DI KOTA SERANG PROVINSI BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (Emmanuel Ricky Rigel)
TIA086260.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
TIA086261.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB II)
TIA086262.pdf Download (528kB) |
|
Text (BAB III)
TIA086263.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
Text (BAB IV)
TIA086264.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
TIA086265.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
|
Text (BAB VI)
TIA086266.pdf Download (520kB) |
Abstract
Farm Up Indonesia adalah start-up business yang bergerak di bidang pertanian. Saat ini Farm Up Indonesia sedang dalam proses produksi berbagai jenis sayuran organik yang menurutnya sangat bepotensi di Kota Serang dan sekitarnya. Dalam menentukan jenis-jenis sayuran yang akan dipasarkan, Farm Up Indonesia mangamati jenis sayuran tertentu yang dalam pemasarannya masih sangat minim namun memiliki pangsa pasar yang besar dan tentunya jenis sayuran tersebut berkhasiat baik bagi kesehatan seperti, bayam merah, kale (borecole), dan selada krop (lettuce). Jenis-jenis sayuran organik lain yang diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar domestik antara lain bawang merah, bawang putih, cabai, kangkung, bayam hijau, sawi, dan beberapa jenis tanaman palawija. Pada faktanya, Farm Up Indonesia masih mengalami kesuliatan dalam menentukan segmentasi pasar dan cara pemasaran yang efektif. Sebagai sebuah start-up business, Farm Up Indonesia tentunya akan terus meningkatkan produksinya dan mengembangkan inovasi dari produk yang akan dipasarkan. Farm Up Indonesia membutuhkan adanya riset pasar untuk dapat memetakan target pasar yang sesuai berdasarkan segmentasinya dan cara pemasaran yang efektif. Riset pasar diawali dengan wawancara dengan pendiri Farm Up Indonesia, identifikasi masalah, studi pustaka, dan survey lapangan. Setelah itu dilanjutkan dengan menetapkan target customer, menentapkan hipotesis, membuat pertanyaan dasar, pengumpulan data sekunder, membuat pertanyaan tambahan, memeriksa hipotesis dan membuat data persaingan. Metode analisis dilakukan dengan analisis tren, similiaritas, kontradiksi dan odd groupings terhadap data hasil kuesioner. Potensi pemasaran produk paket sayuran organik Farm Up Indonesia ini cukup besar berdasarkan hasil pengumpulan data sekunder dan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sebanyak 66% responden tertarik untuk membeli produk paket sayuran organik Farm Up Indonesia. Pada responden yang belum mengkonsumsi sayuran organik diperoleh kesimpulan sebanyak 91% responden mengetahui sayuran organik merupakan sayuran yang lebih baik dan menyehatkan bagi kesehatan, serta sebanyak 97% responden menyatakan tertarik untuk mengkonsumsi sayuran organik. Menghadirkan sayuran organik langsung ke tangan responden yang belum mengkonsumsi sayuran organik adalah cara pemasaran yang tepat dikarenakan sebanyak 68% responden ini belum mengkonsumsi sayuran organik dengan alasan tidak bisa memperoleh sayuran organik di dekat rumah atau harus ke supermarket. Berdasarkan segmentasinya, paket sayuran organik Farm Up Indonesia diminati oleh responden dalam penelitian ini. Segmentasi tersebut meliputi jenis pekerjaan, usia, dan status responden.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sayuran organik, lembar kerja, riset pasar, kuesioner |
Subjects: | Teknik Industri > Industri |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > TI Pindahan ATMI |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 02 Jan 2018 15:51 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 19:52 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13307 |
Actions (login required)
View Item |