PERBEDAAN POLA KOMUNIKASI ANTARA ASOSIASI PERTAMBANGAN DENGAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Komunikasi Lintas Budaya Antara APB dan LSM MIRA Dengan Masyarakat Adat di Kabupaten Barito Timur)

MIGANG, EVAN KRISTIANUS (2017) PERBEDAAN POLA KOMUNIKASI ANTARA ASOSIASI PERTAMBANGAN DENGAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Komunikasi Lintas Budaya Antara APB dan LSM MIRA Dengan Masyarakat Adat di Kabupaten Barito Timur). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EVAN KRISTIANUS MIGANG)
KOM04477.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Industri pertambangan sering menimbulkan polemik dalam aktivitas pertambangan. Polemik yang sering kali terjadi antara perusahaan tambang dengan masyarakat adat. Perusahaan dituntut agar dapat selaras dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat, salah satunya dengan menjalin kemitraan dengan LSM dalam pemberdayaan masyarakat. Masing-masing kelompok memiliki cara berbeda dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan Pola Komunikasi antara Asosiasi Pertambangan Dengan Lembaga Swadaya Masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan APB (Asosiasi Penambang Batubara) dengan LSM MIRA di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Metodologi yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian menggunakan studi kasus. Komunikasi lintas budaya menjadi konteks dalam melihat peristiwa komunikasi yang terjadi. Dimensi perbedaan budaya yang dikemukakan Hofstede menjadi landasan teori dalam melihat pola komunikasi diantara kedua kelompok yang menjalin komunikasi dengan masyarakat adat. Pengambilan data kualitatif dilakukan dengan teknik wawancara. Informan penelitian ini mewakili kelompok dari APB, LSM MIRA, masyarakat dan pemerintah. Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang pola komunikasi dua kelompok sosial (APB dan LSM MIRA) yang memiliki latar belakang budaya berbeda. Masing-masing kelompok memiliki ciri pola komunikasi yang berbeda. Perbedaan pola komunikasi disebabkan oleh atribut budaya yang dimiliki oleh kelompok sosial dan juga latar belakang budaya aktor komunikasi yang mewakili masing-masing kelompok sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi lintas budaya, nilai budaya, pola komunikasi, kemitraan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2018 09:04
Last Modified: 12 Feb 2018 09:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13805

Actions (login required)

View Item View Item