STRATEGI KOMUNIKASI PERSONAL BRANDING SENIMAN TATO (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Strategi Komunikasi Personal Brand Munir sebagai Seniman Tato)

MULYAWARMAN, NYOMAN ASGRA (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PERSONAL BRANDING SENIMAN TATO (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Strategi Komunikasi Personal Brand Munir sebagai Seniman Tato). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (NYOMAN ASGRA MULYAWARMAN)
KOM04342.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan penuh dengan persaingan. Identitas brand menjadi masalah penting untuk membantu audiens yang semakin bingung dalam memilih dan membedakan suatu brand dari brand lainnya jika identitasnya tidak jelas. Maka dalam memilih identitas brand, positioning dan diferensiasi brand juga harus jelas agar brand dapat dibedakan dan menarik perhatian audiens. Brand tidak hanya dimiliki oleh perusahaan dan berbagai turunannya, bahkan setiap orang juga memiliki brand yang disebut sebagai personal brand. Personal brand adalah persepsi seseorang atas pemikiran, perilaku, identitas, dan reputasi orang lain. Dalam penelitian ini penulis membahas strategi personal branding dari Munir sebagai seniman tato. Sejak awal Munir sadar, untuk menjadi seorang seniman tato memang dibutuhkan kompetensi, tetapi selain itu juga dibutuhkan suatu kredibilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pada awalnya penulis melakukan pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, penulis kemudian melakukan pengolahan dan pengorganisasian data. Setelah semua data diolah dan diorganisasi, penulis mulai menginterpretasikan dan menganalis data-data yang ada berdasarkan teori-teori yang digunakan penulis lalu menarik kesimpulan yang relevan dengan interpretasi dan analisis data yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan jika kekuatan personal brand Munir dipengaruhi oleh strategi komunikasi yang dilakukannya sehingga ia berhasil membangun reputasinya sebagai seniman tato yang mengangkat tema budaya dalam karyanya serta memiliki kompetensi dan kredibilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: personal brand, strategi komunikasi, tato
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2018 09:13
Last Modified: 12 Feb 2018 09:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13807

Actions (login required)

View Item View Item