CITRA OZORA DANCER DI KALANGAN MAHASISWA (Kasus pada Mahasiswa Program Studi llmu Komunikasi Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

RATIKAWATI, ADINDA (2017) CITRA OZORA DANCER DI KALANGAN MAHASISWA (Kasus pada Mahasiswa Program Studi llmu Komunikasi Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ADINDA RATIKAWATI)
KOM04802.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Ozora Dancer merupakan kelompok yang memiliki ketertarikan akan kesenian tari semi kontemporer hingga modern. Pengenalan Ozora Dancer dimata publik menjadikan kelompok tersebut kedalam penari seksi yang bekerja di tempat hiburan malam. Asumsi tersebut menimbulkan pandangan yang dapat mempengaruhi citra Ozora Dancer. Mahasiswa merupakan salah satu publik yang dapat mempengaruhi citra Ozora Dancer. Mereka secara langsung mengetahui dan dapat mempersepsikan Ozora Dancer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui citra Ozora Dancer dikalangan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Citra dipahami sebagai seluruh persepsi terhadap suatu objek yang dibentuk dengan memproses informasi dari berbagai sumber setiap waktu. Citra tidak hanya dimiliki oleh organisasi maupun perusahaan saja, kelompok dapat memilikinya. Untuk itu dalam penelitian ini menggunakan teori citra dari Van Riel yaitu corporate identity (identitas korporat) sebagai bahan referensi dalam menganalisis penelitian ini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Responden sebanyak 284 orang yang turut dalam mengisi kuesioner yang disebarkan oleh peneliti. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa citra Ozora Dancer berada pada kategori citra baik (38,7%). Hasil tersebut diperoleh dari data interval yang telah dilakukan peneliti. Didukung dengan hasil penilaian citra pada dimensi yang meliputi behavior (tingkah laku), communication (komunikasi), dan symbols (simbol). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah citra Ozora Dancer termasuk dalam kategori baik. Dapat dikatakan bahwa citra penari seksi yang diwakilkan Ozora Dancer adalah baik dari penilaian responden melalui tiga dimensi citra dari Van Riel. Hasil yang didapatkan sesuai dengan citra harapan (wish image) Ozora Dancer yaitu memperoleh citra baik dari publiknya

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra, Identitas, Tingkah Laku, Komunikasi, Simbol
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2018 09:32
Last Modified: 12 Feb 2018 09:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13810

Actions (login required)

View Item View Item