TREN TOPIKPENELITIAN MEDIA SOSIAL (Studi Analisis Isi Penelitian Skripsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Atma Jaya Yoryakarta Periode Tahun 2009-2016 )

Anggraeni, Ertina (2017) TREN TOPIKPENELITIAN MEDIA SOSIAL (Studi Analisis Isi Penelitian Skripsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Atma Jaya Yoryakarta Periode Tahun 2009-2016 ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ertina Anggraeni)
KOM04058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan pengguna facebook keempat terbanyak setelah Amerika Serikat, Brazil, dan India1. Pada tahun 2016 Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan pengguna facebook terbanyak keempat setelah Amerika Serikat, Brazil dan India dengan jumlah sebanyak 77.5 juta pengguna (www.statista.com). Situs statista.com juga memberikan data bahwa Indonesia juga menjadi negara dengan pengguna twitter terbanyak ketiga di dunia setelah Brazil dan Amerika Serikat. Peringkat Indonesia pada data tersebut menunjukkan bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap penggunaan media sosial sebagai alat berkomunikasi sangat tinggi. Hal tersebut akhirnya mendorong pemerintah Indonesia melalui DIKTI untuk memasukkan agenda untuk memperdalam penelitian sosial mengenai penggunaan internet sehat di dalam RIRN 2015-2045. Internet sehat menurut www.internetsehat.id adalah kegiatan penelusuran internet mengenai kebebasan berekspresi di Internet secara aman (safely) dan bijak (wisely), dengan pendekatan: 1) self-filtering hanya di level keluarga dan sekolah, 2) peningkatan konten lokal yang positif, bermanfaat dan menarik, dan 3) pemberdayaan masyarakat madani (civil society) tentang teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini berarti di dalam kegiatan berkomunikasi melalui media sosial, ketiga pendekatan internet sehat tersebut harus dijalankan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap tren riset skripsi S1 mengenai media sosial pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dapat membantu organisasi FISIP UAJY dalam merancang riset komunikasi mengenai media sosial di kemudian hari Objek di dalam penelitian ini adalah riset skripsi S1 ilmu komunikasi FISIP UAJY periode tahun 2009-2016 dengan topik media sosial. Jumlah keseluruhan dari objek penelitian ini adalah sebanyak 69 penelitian. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan tehnik analisis data analisis isi kuantitatif untuk menjabarkan kekhasan riset dan mengkategorikannya ke dalam beberapa sub-unit analisis. Penelitian ini menemukan bahwa elemen komunikasi yang paling banyak diteliti dan memiliki banyak variasi karakter adalah elemen komunikasi pesan dengan jumlah persentase sebanyak 29% dari keseluruhan riset. Sedangkan elemen komunikasi yang paling sedikit diteliti adalah elemen komunikasi efek dengan persentase sebesar 15% dari total keseluruhan riset

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Tren Riset, Technological Paradigm
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2018 09:45
Last Modified: 12 Feb 2018 09:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13811

Actions (login required)

View Item View Item