IMPLEMENTASI REPOSITIONING ORGANISASI MASYARAKAT (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Implementasi Repositioning Organisasi Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila Sleman)

PRAYODYA, JOVENTIUS ADITYA (2017) IMPLEMENTASI REPOSITIONING ORGANISASI MASYARAKAT (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Implementasi Repositioning Organisasi Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila Sleman). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (JOVENTIUS ADITYA PRAYODYA)
KOM04670.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Sejarah perjuangan perpolitikan di Indonesia tidak bisa lepas dari peran masyarakat yang turut campur tangan dalam dunia perpolitikan melalui berbagai macam cara. Hal ini juga dialami oleh Pemuda Pancasila sebagai sebuah organisasi yang mengalami berbagai macam perubahan guna menyesuaikan dinamika politik di Indonesia. Berbagai macam cara untuk melakukan perubahan citra atau posisi organisasi melalui organisasi SAPMA PP di tengah masyarakat menjadi titik fokus utama dalam penelitian ini. Teori utama yang digunakan pada penelitian ini adalah teori repositioning organisasi dan komunikasi pemasaran politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi untuk mendapatkan data yang mendukung penelitian. Narasumber dari penelitian ini adalah tiga pengurus inti SAPMA, tiga anggota SAPMA dan dua mahasiswa yang mengikuti kegiatan SAPMA. Peneliti menggunakan model komunikasi Schramm untuk melihat proses komunikasi yang terjadi, kemudian peneliti melihat komunikasi organisasi yang digunakan dalam proses berorganisasi. Arus dan model komunikasi yang digunakan oleh organisasi adalah model komunikasi formal transaksional. Implementasi repositioning yang dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang dikemas dalam empat aspek yaitu aspek sosial, aspek pendidikan, aspek lingkungan dan aspek internal organiasasi guna merubah citra melalui unsur-unsur komunikasi politik dan komunikasi pemasaran politik yang bertujuan merubah citra organisasi menjadi sebuah organisasi yang berisi kaum terpelajar dan intelek akhirnya dapat dilaksanakan melalui kegiatan yang diadakan Peneliti menyarankan jika pihak organisasi dapat semakin kreatif untuk mengadakan kegiatan yang berguna untuk masyarakat secara luas. Hal ini dimaksudkan agar proses perubahan citra dan repositioning organisasi menjadi lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Komunikasi Politik, Komunikasi Pemasaran Politik, Positioning dan Repositioning
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2018 10:28
Last Modified: 12 Feb 2018 10:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13813

Actions (login required)

View Item View Item