PENGARUH DIMENSI PERSEPSI RISIKO TERHADAP NIAT BELI PRODUK PRIVATE LABEL NEVADA

Oktavianus Eko Prasetyo, Oktavianus Eko (2018) PENGARUH DIMENSI PERSEPSI RISIKO TERHADAP NIAT BELI PRODUK PRIVATE LABEL NEVADA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
EM202120.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
EM202121.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB II)
EM202122.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB III)
EM202123.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB IV)
EM202124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB V)
EM202125.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari dimensi persepsi risiko yang terdiri dari persepsi risiko fungsional,persepsi risiko finansial, persepsi risiko fisik ,dan persepsi risiko psikologis terhadap niat beli produk private label Nevada, serta mengidentifikasi apakah ada perbedaan persepsi risiko fungsional, persepsi risiko finansial, persepsi risiko fisik, dan persepsi risiko psikologis dan niat beli produk private label Nevada berdasarkan gender/jenis kelamin, usia, dan pendapatan/uang saku perbulan. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner secara online melalui google form kepada mahasiswa/i yang sedang menempuh pendidikan di kota Yogyakarta, dengan menggunakan sampel 245 mahasiswa yang pernah melakukan pembelian produk private label Nevada. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan uji one way anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi risiko fungsional, persepsi risiko finansial, persepsi risiko fisik memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap niat beli. Namun, persepsi risiko psikologis tidak memiliki pengaruh signifikan dan negatif. Selain itu, perbedaan gender menunjukkan perbedaan berarti atau signifikan pada variabel persepsi risiko psikologis sedangkan pada variabel persepsi risiko fungsional, persepsi risiko finansial, persepsi risiko fisik dan niat beli tidak menunjukkan perbedaan berarti atau signifikan. Selanjutnya, usia menunjukkan perbedaan berarti atau signifikan pada variabel persepsi risiko fisik dan niat beli sedangkan pada variabel persepsi risiko fungsional, persepsi risiko finansial, dan persepsi risiko psikologis tidak menunjukkan perbedaan berarti atau signifikan. Kemudian, pendapatan/uang saku per bulan menunjukkan perbedaan berarti atau signifikan pada variabel persepsi risiko psikologis sedangkan pada variabel persepsi risiko fungsional, persepsi risiko finansial, persepsi risiko fisik dan niat beli tidak menunjukkan perbedaan berarti atau signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi risiko fungsional, persepsi risiko finansial, persepsi risiko fisik, persepsi risiko psikologis, niat beli.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2018 09:31
Last Modified: 21 Feb 2018 09:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item