PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI PRAKTISI PUBLIC RELATIONS JOGJAKARTA PLAZA HOTEL TERHADAP KUALITAS RELASI DENGAN MEDIA MASSA

JANGGAT, YOSEF ALEXANDRO (2017) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI PRAKTISI PUBLIC RELATIONS JOGJAKARTA PLAZA HOTEL TERHADAP KUALITAS RELASI DENGAN MEDIA MASSA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YOSEF ALEXANDRO JANGGAT)
KOM04301.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penulis mengambil judul “Pengaruh Kualitas Komunikasi Praktisi Public Relations Jogjakarta Plaza Hotel Terhadap Kualitas Relasi dengan Media Massa.” Pengambilan judul ini didasarkan pada teori yang mengungkapkan bahwa peran dan fungsi Public relations sangat penting bagi sebuah organisasi/perusahaan. Public relations harus ahli di bidang komunikasi dan peran public relations adalah sebagai komunikator dan relationship. Komunikasi eksternal yang berkualitas akan menghasilkan sebuah ikatan-ikatan diantara publik dan perusahaan. Media adalah salah satu publik eksternal perusahaan. Kualitas komunikasi yang dilakukan oleh praktisi public relations dapat dilihat berdasarkan “7Cs Communications”, yang menjelaskan stategi public relations dalam berkomunikasi. Relasi merupakan hal yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup suatu organisasi/perusahaan. Pendekatan Organization-public relationship menjelaskan suatu proses pembentukan relasi yang berkesinambungan antara organisasi dengan publiknya, dan hasil dari relasi itu mempunyai konsekuensi atau dampak yang luas. Untuk melihat kualitas relasi, pendekatan OPR memiliki empat dimensi yakni: control mutuality, trust, satisfaction, and commitment. Jenis dan tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif-eksplanatif. Proses penelitian kuantitatif-eksplanatif dilakukan melalui instrumen atau alat ukur penelitian dengan menggunakan teknik atau instrumen yang objektif dan baku yang memenuhi standar validitas dan reliabilitas yang tinggi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa ada pengaruh kualitas komunikasi praktisi public relations Jogjakarta Plaza Hotel terhadap kualitas relasi dengan media massa dimana pengaruh tersebut masuk dalam kategori kuat. Kualitas komunikasi public relations dan kualitas relasi dengan media massa juga termasuk dalam kategori baik. Pemilihan jenis media dan skope media yang digunakan sebagai kontrol juga ternyata mampu mempengaruhi perubahan kualitas relasi dan jenis media cetak dan media lokal memiliki pengaruh yang lebih dibandingkan dengan media lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas komunikasi, kualitas relasi, public relations, media
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2018 09:45
Last Modified: 21 Feb 2018 09:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13952

Actions (login required)

View Item View Item