MANAJEMEN MEDIA SOSIAL JOGJA KPOP FAMILY DALAM MENJAGA RELASI KELOMPOK

DARENTI, TALITHA DESENA (2017) MANAJEMEN MEDIA SOSIAL JOGJA KPOP FAMILY DALAM MENJAGA RELASI KELOMPOK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (TALITHA DESENA DARENTI)
KOM04409.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai manajemen media sosial dalam mejaga relasi kelompok di komunitas Jogja Kpop Family Yogyakarta. Fenomena Korean Wave memasuki Indonesia pada awal tahun 2000-an yaitu ketika drama-drama televisi dan penyanyi (grup boyband/girlband) dari Korea Selatan mulai populer di Indonesia. Demam Kpop di Indonesia memunculkan kelompok-kelompok pecinta Korean Wave atau disebut Kpopers di berbagai tempat. Kelompok-kelompok Kpopers tersebut berkembang menjadi komunitas-komunitas kecil, termasuk di Yogyakarta. Komunitas Kpopers yang terbesar di Yogyakarta adalah Jogja Kpop Family (JKF) yaitu sebuah komunitas yang memiliki tujuan mengumpulkan semua Kpopers di Yogyakarta untuk sharing, pengembangan bakat, dan edukasi tentang budaya Korea. Anggota Komunitas JKF terdiri dari grup cover dance, singing cover, fanbase, fandom dan online/offline shop Kpop. JKF menggunakan media sosial berupa twitter yaitu @JogjaKpopFamily dan facebook fanpage yaitu ‘Jogja Kpop Family’, sebagai wadah Kpopers di Yogyakarta untuk saling untuk berinteraksi. Pengelolaan atau manajemen media sosial perlu dilakukan agar Kpopers dapat menerima informasi dengan baik karena banyaknya komunitas cover dance, cover sing, fansclub, hingga online shop di Yogyakarta yang tergabung dengan JKF. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat penggunaan media sosial semakin marak digunakan dalam berbagai kelompok kecil, terutama kelompok kecil yang berbasis penggemar. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai manajemen media sosial di komunitas JKF dalam menjaga relasi kelompok Kpopers di Yogyakarta. Manajemen media sosial tersebut dilakukan untuk mendukung terciptanya relasi kelompok agar visi dan misi komunitas dapat terwujud. Dalam media sosial tersebut, terlihat banyak interaksi yang terjadi. Interaksi tersebut tidak hanya pada Kpopers yang sudah saling mengenal, antara lain meng-add sebagai teman di facebook, saling meng-komen, memantu share informasi, dan lain – lain. Kpopers yang berteman di facebook dapat bertemu pada saat event Kpop yang diadakan di Yogyakarta dan menjalin kedekatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Media Sosial, Relasi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2018 09:56
Last Modified: 21 Feb 2018 09:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13953

Actions (login required)

View Item View Item