CITRA PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM PELAKSANAAN KEBIJAKAN REVITALISASI KAWASAN MALIOBORO (Studi Kasus tentang Citra Pemerintah Kota Yogyakarta Pasca Pemindahan Area Parkir dari Kawasan Malioboro ke Lahan Parkir Abu Bakar Ali Menurut Juru Parkir Malioboro)

Situmorang, Onma Try Putra (2017) CITRA PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM PELAKSANAAN KEBIJAKAN REVITALISASI KAWASAN MALIOBORO (Studi Kasus tentang Citra Pemerintah Kota Yogyakarta Pasca Pemindahan Area Parkir dari Kawasan Malioboro ke Lahan Parkir Abu Bakar Ali Menurut Juru Parkir Malioboro). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Onma Try Putra Situmorang)
KOM04786).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kebijakan Revitalisasi Malioboro merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, dan dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta yang bekerja sama dengan UPT Malioboro. Tujuan dari kebijakan tersebut adalah membangun Malioboro menjadi daerah pedestrian. Pada kebijakan tersebut, terdapat beberapa program, salah satunya adalah pemindahan area parkir ke Lahan Parkir Abu Bakar Ali. Program ini memiliki pengaruh ke berbagai golongan, salah satunya adalah Juru Parkir Malioboro yang sebelumnya beroperasi di pinggiran jalan Malioboro sampai dengan jalan Ahmad Yani. Paparan mengenai citra menurut Katz, dimana citra merupakan cara pihak lain memandang suatu perusahaan, seseorang, suatu komite, dan aktivitas,dapat dilihat bahwa persepsi merupakan awal dari terbentuknya citra. Dengan tetap mempertahankan citra yang positif tersebut, publik akan melihat komitmen perusahaan terhadap publiknya. Terdapat dua faktor yang dapat dilihat untuk mengukur suatu citra menurut Kriyantono (2008: 89), yaitu: kemampuan, dimana perusahaan dirasa memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan, harapan, dan kepentingan publik, serta kepercayaan, dimana perusahaan atau organisasi dapat dipercaya untuk menjaga komitmen untuk kepentingan bersama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam format deskriptif studi kasus. Maksud dari format ini adalah penelitian eksplorasi yang memainkan peran penting dalam menciptakan hipotesis atau pemahaman orang tentang berbagai variabel sosial. Sampel yang diambil sebanyak 131 responden, dimana responden tersebut adalah juru parkir yang tergabung dalam Paguyuban Juru Parkir Malioboro yang beroperasi di Lahan Parkir Abu Bakar Ali. Citra Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Kebijakan Revitalisasi Malioboro termasuk negatif dengan skor 1,84. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil dari dua dimensi Citra, yaitu Kemampuan dan Kepercayaan. Pada dimensi citra yang terdiri dari tiga indikator, yaitu Kebutuhan, Harapan, dan Kepentingan, juru parkir memiliki pandangan negatif dengan skor 2,01 terhadap kemampuan Pemkot Yogyakarta dalam Kebijakan Revitalisasi Malioboro. Begitu juga dengan dimensi kepercayaan, juru parkir memiliki pandangan negatif dengan skor 1,68 terhadap Pemkot Yogyakarta dalam Kebijakan Revitalisasi Malioboro, khususnya pada pemindahan area parkir ke lahan parkir Abu Bakar Ali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra, Publik, Kebijakan Publik, Kebijakan Revitalisasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2018 12:39
Last Modified: 21 Feb 2018 12:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13963

Actions (login required)

View Item View Item