PENGARUH TERPAAN BERITA DI MEDIA MASSA TENTANG PEMBEKUAN PSSI TERHADAP SIKAP MASYARAKAT KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kuantitatif Pengaruh Terpaan Berita di Media Massa tentang Pembekuan PSSI terhadap Sikap Masyarakat Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta)

RADITYA, PASCHALIS WIBIYANANDA (2016) PENGARUH TERPAAN BERITA DI MEDIA MASSA TENTANG PEMBEKUAN PSSI TERHADAP SIKAP MASYARAKAT KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kuantitatif Pengaruh Terpaan Berita di Media Massa tentang Pembekuan PSSI terhadap Sikap Masyarakat Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PASCHALIS WIBIYANANDA RADITYA)
KOM04380.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang digemari diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Sepak bola Indonesia belum meraih prestasi apapun sampai saat ini di kancah Internasional. Pemerintah membentuk BOPI dan merekomendasikan kepada PSSI agar klub yang bermasalah untuk tidak mengikuti kompetisi. Rekomendasi tersebut tidak dilaksanakan oleh PSSI. Pembekuan PSSI dipilih pemerintah dengan tujuan ingin memperbaiki permasalahan yang terjadi pada persepakbolaan Nasional. Media cetak maupun portal online memberitakan pembekuan PSSI oleh pemerintah. Pemberitaan di media massa memiliki peran dalam pembentukan sikap pembaca. Terpaan berita menimbulkan berbagai sikap dari masyarakat. Kecamatan Bantul sangat erat hubungannya dengan sepakbola nasional melalui timnas U-20 yang dititipkan di Persiba untuk mengikuti kompetisi, gempa yang mematikan persepakbolaan Bantul hingga kebangkitan Persiba sehingga dapat menjuarai Divisi Utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan berita di media massa tentang pembekuan PSSI terhadap sikap masyarakat kecamatan Bantul. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (variabel X) yakni terpaan berita pembekuan PSSI, variabel terikat (variabel Y) yakni sikap masyarakat kecamatan Bantul, dan variabel kontrol (variabel Z) yakni faktorfaktor diluar terpaan media yang turut memberikan kontribusi dalam sikap masyarakat kecamatan Bantul berupa faktor individu dan faktor sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari 100 responden di kecamatan Bantul dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara terpaan pemberitaan pembekuan PSSI di media massa terhadap sikap warga Kecamatan Bantul. Hasil hipotesa mengacu pada hasil hitungan korelasi dimana hasilnya memiliki nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti nilai sig<α atau signifikan artinya mampu mengontrol hubungan antara variabel X dan variabel Y. Berdasar pada uji t juga dapat disimpulkan bahwa hasil t hitung > t tabel (2,4 > 1,661). Komponen kognitif menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat terhadap terpaan berita pembekuan PSSI oleh Pemerintah tinggi sebesar 84%. Sedangkan pada komponen afektif 47% responden setuju terhadap pembekuan PSSI yang dilakukan oleh Pemerintah, dan pada komponen behavioral kecenderungannya untuk berperilaku dan hasil yang diperoleh menunjukkan responden cenderung tidak melakukan kritik di media sosial tentang pembekuan xiv PSSI oleh Pemerintah dengan persentase sebanyak 72%. Terpaan berita pembekuan PSSI oleh pemerintah terhadap sikap masyarakat kecamatan Bantul termasuk dalam kategori rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari total keseluruhan responden dalam menjawab tiga indikator yaitu frekuensi yang diperoleh dalam mengakses berita di media massa, intensitas responden mengakses berita di media massa dan ketertarikan untuk mengakses berita tentang pembekuan PSSI oleh Pemerintah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: terpaan berita, pembekuan PSSI, sikap masyarakat
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2018 09:14
Last Modified: 22 Feb 2018 09:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item