EFEKTIVITAS PERSONAL SELLING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF BRAND AWARENESS KEPADA KEPALA SEKOLAH REKANAN KERJA UNIT USAHA LIVE – IN DI PUSAT REHABILITASI YAKKUM)

Christiani, Yosephine Ferina (2016) EFEKTIVITAS PERSONAL SELLING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF BRAND AWARENESS KEPADA KEPALA SEKOLAH REKANAN KERJA UNIT USAHA LIVE – IN DI PUSAT REHABILITASI YAKKUM). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yosephine Ferina Christiani)
KOM3759.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pusat Rehabilitasi Yakkum merupakan salah satu lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang rehabilitasi bagi penyandang difabel yang ada di Yogyakarta. Secara prioritas yayasan sebagai pengelola pusat rehabilitasi ini tidak mementingkan keuntungan atau laba komersil seperti halnya perusahaan. Pusat Rehabilitasi Yakkum membuat Unit Usaha Live – In, Unit Usaha Live – In dimaksudkan untuk menyediakan fasilitas berupa rumah kegiatan sosial untuk menunjang kegiatan sosial dan sejenisnya. Penelitian ini meneliti tentang efektivitas personal selling dalam upaya meningkatkan brand awareness. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket (kuisioner). Angket (kuisioner) yang akan disebarkan berisi tentang pertanyaan dan pernyataan mengenai personal selling yang dilakukan Unit Usaha Live – In Pusat Rehabilitasi Yakkum kepada Kepala Sekolah rekanan kerja dan mengenai brand awareness mengenai Unit Usaha Live – In yang dimiliki Pusat Rehabilitasi Yakkum. Kuisioner ini disebar ke 96 orang responden. Proses penyebaran kuisioner ini akan diberikan satu persatu kepada rekanan kerja Kepala Sekolah yang telah mendapatkan personal selling mengenai Unit Usaha Live – In di Pusat Rehabilitasi Yakkum sesuai dengan list data yang ada. Angket (kuisioner) akan diberikan baik secara langsung, melalui telepon, maupun email. Pada penelitian ini peneliti telah meneliti dan mendeskripsikan efektivitas personal selling Unit Usaha Lve – In dari Pusat Rehabilitasi Yakkum yang dilakukan tidak berjalan secara efektif. Untuk kategori Brand Awareness Brand Awareness secara total masuk dalam kategori rendah karena memiliki nilai 4,79 yang masuk dalam rentang nilai 3 – 5 kategori rendah. Efektivitas personal selling yang dilakukan tidak mempengaruhi untuk meningkatkan brand awareness, karena brand awareness termasuk kategori rendah. Pusat Rehabilitasi Yakkum sepertinya harus bisa meningkatkan lagi kegiatan aktivitas personal selling yang dilakukan oleh sales person. Aspek personal selling yang perlu ditingkatkan adalah aktif dalam kegiatan promosi, seperti beriklan dalam media sosaial dengan : Instagram, Twitter, Facebook, dll. Karena proses penjualan yang dilakukan secara tatap muka, yang menjadikan dapat mengenal klien ataupun calon klien sangat dalam dalam menggali pertanyaan dan menerangkan merek atau produk yang dijual dan juga personal selling tidak dapat mempengaruhi brand awareness klien Unit Usaha Live – In dari Pusat Rehabilitasi Yakkum dan hasil yang didapat tidak signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Selling, Brand Awareness, Pusat Rehabilitasi Yakkum, Unit Usaha Live-in, Kepala Sekolah
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2018 09:40
Last Modified: 22 Feb 2018 09:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13979

Actions (login required)

View Item View Item