PRAKTEK DIPLOMASI PUBLIK SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI INTERNASIONAL INDONESIA (Studi kasus deskriptif terhadap praktek diplomasi publik oleh Direktorat Diplomasi Publik periode 2011-2014)

MONICA, LORENZA (2016) PRAKTEK DIPLOMASI PUBLIK SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI INTERNASIONAL INDONESIA (Studi kasus deskriptif terhadap praktek diplomasi publik oleh Direktorat Diplomasi Publik periode 2011-2014). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (LORENZA MONICA)
KOM03606.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat arti penting diplomasi publik di era informasi. Pada penelitian ini peneliti menjelaskan konsep diplomasi publik dalam komunikasi internasional dan memperlihatkan perubahan power dalam hubungan antara negara khususnya setelah perang dingin berakhir. Peneliti melihat bahwa diplomasi publik menjadi alat bagi pemerintah untuk menggunakan soft power dalam hubungan antar negara, salah satu nya adalah Indonesia. Sebagai negara majemuk yang rentan akan potensi konflik yang disebabkan oleh isu domestik maupun isu internasional pemerintah menjalankan diplomasi publik untuk membentuk opini publik agar publik mendukung kebijakan luar negeri Indonesia. Konsep diplomasi publik dalam dunia internasional mengalami perkembangan seturut dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang berdampak pada besar nya peluang yang dimiliki individu untuk mengakses informasi. Komunikasi internasional menjadi bagian dari publik domestik yang memiliki kekuatan dan peluang dalam melihat suatu isu berdasarkan informasi yang diterima. Paska reformasi 1998, Indonesia mulai menerapkan nilai demokrasi dalam pemerintahan. Hal tersebut berdampak pada akses informasi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Arus informasi dari dalam dan luar negeri kian meningkat dan sulit untuk dikontrol oleh pemerintah. Sebagai negara majemuk Indonesia rentan akan potensi konflik yang berasal dari dalam dan luar negeri. Penyebaran informasi yang tidak berimbang terhadap suatu isu berpeluang dalam menimbulkan perpecahan dan rendah nya dukunga atas kebijakan pemerintah. Indonesia memiliki potensi soft power berupa keunikan budaya, alam, sosial budaya, dan politik yang dapat dikemas ke dalam program diplomasi publik. Indonesia dibawah Direktorat Diplomasi Publik telah menjalankan beberapa program diplomasi publik sebagai upaya pemerintah dalam mendapatkan dukungan publik baik domestik maupun luar negeri terhadap upaya pencapaian kepentingan nasional Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: soft power, era informasi, diplomasi publik, komunikasi internasional
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2018 10:12
Last Modified: 22 Feb 2018 10:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13982

Actions (login required)

View Item View Item