IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI HERI PEMAD ART MANAGEMENT (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Implementasi Strategi Komunikasi Heri Pemad Art Management untuk Menarik Minat Seniman sebagai Peserta Pameran Art Jog 8)

PRAMESWARI, DWI (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI HERI PEMAD ART MANAGEMENT (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Implementasi Strategi Komunikasi Heri Pemad Art Management untuk Menarik Minat Seniman sebagai Peserta Pameran Art Jog 8). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DWI PRAMESWARI)
KOM02698.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Perhelatan pameran seni rupa kontemporer semakin marak di ranah lokal dan internasional. Persaingan untuk menyajikan performa karya yang berkualitas bagi pasar seni rupa menjadi hal utama. Kepercayaan kepada sebuah pameran seni rupa memerlukan konsistensi dan kredibilitas untuk terus dapat diikuti oleh para seniman dan penikmat potensial seni rupa. Daya saing melalui performa karya yang berkualitas perlu dikembangkan dan disinergikan penyelenggara pameran kepada senimannya. Seperti diungkapkan oleh American Association of Advertising Agencies dikemukakan dalam buku yang ditulis oleh George E.Belchdan Michael A.Belch (2009: 11) komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang memiliki nilai tambah yaitu dari rencana komprehensif. Perencanaan komprehensif ini yang selanjutnya akan menjadi indikator evaluasi peran dari berbagai disiplin komunikasi misalnya hubungan masyarakat, periklanan umum, tanggapan langsung penjualan serta menggabungkan beberapa dispilin ini untuk memberikan kejelasan, konsistensi dan dampak pengaruh komunikasi yang maksimum. Peristiwa keterlibatan seniman sebagai peserta terhadap sebuah brand pameran seni rupa akan dijadikan topik penelitian yang berkaitan dengan strategi komunikasi sehingga mempengaruhi minat seniman untuk berpartisipasi sebagai peserta pameran. Pengukuran akan dilakukan dengan melihat indicator-indikator strategi komunikasi seperti; persiapan, pengorganisasian, dan implemetasi yang akan diukur dengan indikator evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk membuat penjelasannya. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Yogyakarta dengan 8 nara sumber sebagai seniman yang lolos seleksi, dua seniman pendaftar open call application yang tidak lolos seleksi, dan public relations Art Jog 8. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah keberhasilan strategi komunikasi Art Jog 8 yang dilakukan sudah memberi dampak terhadap minat seniman untuk berpartisipasi sebagai peserta. Kredibilitas Art Jog dalam mengemas pameran seni rupa sudah memiliki persepsi kuat dalam benak seniman dengan nilai lebih sebagai pameran kontemporer terbesar di Asia Tenggara. Saran yang diberikan peneliti untuk Heri Pemad Art Management adalah mengadakan divisi khusus branding agar dalam penyelenggaraan ke depan dapat memperkuat citranya di antara pesaingan pameran seni rupa baik lokal dan internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Art Jog, Heri Pemad Art Management, Minat, Strategi Komunikasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2018 10:21
Last Modified: 22 Feb 2018 10:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item View Item