PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN TERHADAP MINAT BELI JERSEY (Penelitian Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Nike dan Adidas Terhadap Minat Beli Jersey oleh Member Juventus Club Indonesia Chapter Yogyakarta)

Prastowo, Fahrull (2016) PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN TERHADAP MINAT BELI JERSEY (Penelitian Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Nike dan Adidas Terhadap Minat Beli Jersey oleh Member Juventus Club Indonesia Chapter Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Fahrull Prastowo)
KOM03049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Persaingan bisnis dalam industri olahraga semakin berkembang dan semakin ketat, meliputi produk yang dibuat, teknologi, marketing hingga cara mengkomunikasikan merek produk ke masyarakat melalui pemain-pemain olahraga yang sudah dikenal di dunia. Dua industri raksasa dunia yang identik dengan olahraga sepakbola sekarang ini adalah Adidas dan Nike. Persaingan yang terjadi antara kedua perusahaan ini adalah menjadi salah satu sponsor klub besar dunia. Perhatian tertuju pada klub yang disponsori oleh Adidas atau Nike, bisa jadi suporter klub yang dibelanya. Peristiwa perpindahan sponsor oleh merek pesaing atau kompetitornya akan dijadikan bagai topik penelitian yang berkaitan dengan kredibilitas perusahaan tersebut hingga mempengaruhi minat beli suporter bola dari suatu klub. Pengukuran akan dilakukan dengan melihat indikator-indikator kredibilitas sebuah brand seperti kelayakan untuk dipercaya, keahlian dan minat beli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam membuat penjelasannya. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksplanatif dengan metode survei. Lokasi penelitian dilakukan di Yogyakarta dengan populasi sampling anggota Juventus Club Indonesia Chapter 2 Jogja Sampel yang diambil sejumlah 100 orang dengan teknik accidental samplling dengan metode pengumpulan data dengan kuesioner. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik product moment, uji reliabilitas dengan alpha cronbach dan teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah lemahnya pengaruh kredibilitas merek baik Adidas maupun Nike terhadap minat beli konsumen terhadap jersey. Kredibilitas Nike tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli jersey karena hanya berpengaruh sebanyak 0,9%. Begitu juga dengan kredibilitas Adidas yang juga tidak terlalu berpengaruh terhadap minat beli jersey karena sebesar 1%, sisanya minat beli konsumen dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Saran yang dapat diberikan adalah Adidas dan Nike sebaiknya melakukan inovasi dan promosi untuk lebih mengembangkan kualitas jersey yang dipakai oleh pemain maupun yang dibeli oleh pendukung klub.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas, Perusahaan, Minat Beli, Jersey.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Feb 2018 09:45
Last Modified: 23 Feb 2018 09:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13998

Actions (login required)

View Item View Item