EFEKTIVITAS SOSIALISASI PROGRAM BPJS KESEHATAN (Kasus Efektivitas Sosialisasi Program BPJS Kesehatan dilihat dari Tingkat Pengetahuan Karyawan di Wisma Bahasa Yogyakarta)

SYLVIANA, AGNES (2016) EFEKTIVITAS SOSIALISASI PROGRAM BPJS KESEHATAN (Kasus Efektivitas Sosialisasi Program BPJS Kesehatan dilihat dari Tingkat Pengetahuan Karyawan di Wisma Bahasa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (AGNES SYLVIANA)
KOM03769.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sosialisasi program BPJS Kesehatan merupakan proses komunikasi dalam mengenalkan program, upaya penyadaran dan penyampaian pesan organisasi kepada masyarakat tentang program BPJS Kesehatan, manfaat program dan aturan-aturan yang wajib diikuti dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas sosialisasi program BPJS Kesehatan (Kasus efektivitas sosialisasi program BPJS Kesehatan dilihat dari tingkat pengetahuan karyawan di Wisma Bahasa Yogyakarta). Metode penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di Wisma Bahasa Yogyakarta dengan obyek penelitian karyawan Wisma Bahasa. Populasi penelitian berjumlah 71 orang karyawan dengan sampel 42 orang karyawan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sosialisasi program BPJS Kesehatan masih belum efektif. Hal itu didasarkan pada data penelitian bahwa tingkat pengetahuan karyawan Wisma Bahasa Yogyakarta pada sosialisasi program BPJS Kesehatan termasuk dalam kategori rendah (40.5%), kategori sedang (26.2%) dan kategori tinggi (33.3%). Rendahnya tingkat pengetahuan karyawan Wisma Bahasa Yogyakarta pada sosialisasi program BPJS Kesehatan adalah disebabkan karyawan Wisma Bahasa Yogyakarta belum pernah mendapatkan sosialisasi program secara langsung dari pihak BPJS Kesehatan. Kepesertaan BPJS Kesehatan karyawan Wisma Bahasa didaftarkan langsung atas inisiatif pihak manajemen Wisma Bahasa setelah memperoleh informasi tentang program BPJS Kesehatan dari media bukan dari hasil sosialisasi petugas lapangan BPJS Kesehatan. Adanya karyawan Wisma Bahasa yang memiliki tingkat pengetahuan sedang dan tinggi tentang BPJS Kesehatan adalah akibat terjadinya komunikasi personal dan komunikasi massa melalui media massa dan televisi, sehingga karyawan Wisma Bahasa bisa memperoleh pengetahuan tentang BPJS Kesehatan tanpa harus melalui sosialisasi program dari pihak BPJS Kesehatan secara langsung

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Program BPJS Kesehatan, Sosialisasi, Komunikasi Personal dan Komunikasi Massa.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Feb 2018 08:02
Last Modified: 26 Feb 2018 08:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14009

Actions (login required)

View Item View Item