OPTIMASI PARAMETER PERMESINAN MATERIAL X dan Y UNTUK PRODUK INSOLE MENGGUNAKAN MESIN CNC

ANTHONY, ABET ADHY (2017) OPTIMASI PARAMETER PERMESINAN MATERIAL X dan Y UNTUK PRODUK INSOLE MENGGUNAKAN MESIN CNC. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TI074570.pdf

Download (646kB)
[img] Text (BAB I)
TI074571.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB II)
TI074572.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB IV)
TI074574.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
TI074575.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (BAB VI)
TI074576.pdf

Download (2MB)

Abstract

Beberapa orang mengalami bentuk kaki yang tidak normal. Kelainan kaki ini sering disebut dengan deformities foot. Hal ini berhubungan dengan persebaran distribusi tekan pada telapak kaki yang tidak normal, sehingga menyebabkan kaki sering merasa sakit. Oleh karena itu penderita memerlukan desain insole khusus yang sesuai dengan bentuk kaki. Pembuatan insole dengan bahan Ethylene Vinyl Acetate (EVA) rubber foam lokal dapat dilakukan dengan baik pada penelitian sebelumnya, namun waktu untuk menghasilkan satu pasang insole cukup lama. PT. Sentra Rehabilitasi Jakarta mengusulkan menggunakan material impor dari Jerman, sebagai pengganti EVA rubber foam lokal yang dinilai memiliki machiability lebih baik. Teknologi Computer Aided Manufacturing (CAM) berkembang pesat sebagai software yang mempu menciptakan proses produksi secara otomatis dengan basis mesin terotomasi untuk mendapatkan tingkat ukuran yang lebih presisi. PowerMill 2016 merupakan software CAM yang digunakan pada penelitian ini. Dengan software ini mampu menghasilkan perintah yang nantinya digunakan pada mesin CNC untuk melakukan proses permesinan pada produk insole. Penelitian ini mampu menunjukan bahwa material usulan dari PT. Sentra Rehabilitasi Jakarta memiliki machinability lebih baik dibandingkan dengan material EVA rubber foam lokal yang digunakan oleh penelitian sebelumnya dan mampu menghasilkan nilai kekasaran permukaan yang hampir sama. Sehingga material ini dapat diusulkan sebagai meterial insole berikutnya. Eksperimen dan pengolahan dengan menggunakan metode taguchi yang telah dilakukan menghasilkan kondisi parameter pemotongan yang optimal pada proses manufaktur insole, yaitu pada type of material X (level 1), spindle speed 14000 (level 2), step over 0,25 (level 3), feedrate 800 (level 1), toolpath raster 45 (level 2) untuk kaki kiri dan type of material Y (level 2), spindle speed 15000 (level 3), step over 0,15 (level 1), feedrate 850 (level 2), toolpath raster 45 (level 2) untuk kaki kanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ethylene Vinyl Acetate (EVA) rubber foam, Computer Aided Manufacturing (CAM), CNC Roland Modela MDX – 40R, Insole
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Feb 2018 13:08
Last Modified: 26 Feb 2018 13:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14028

Actions (login required)

View Item View Item