KAJIAN TEKNIS STANDAR PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA KASIGUNCU KABUPATEN POSO

RUGE, STEVI SURYANINGSI (2018) KAJIAN TEKNIS STANDAR PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA KASIGUNCU KABUPATEN POSO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TS151650.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
1.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB II)
TS151652.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB III)
TS151653.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB IV)
TS151654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB V)
TS151655.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TS151656.pdf

Download (8MB)

Abstract

Untuk semakin meningkatkan kualitas dan kinerja bandar udara dalam memenuhi kebutuhan penumpang akan jasa transportasi, maka Bandar Udara Kasiguncu Kabupaten Poso harus memberikan pelayanan yang baik dan optimal sebagai indikator penting dalam mewujudkan kepuasan penumpang akan penggunaan fasilitas Bandar Udara seperti pada jalur kedatangan dan keberangkatan. Pada penelitian ini, informasi pengguna jasa bandar udara didapatkan dengan penyebaran 70 kuesioner. Uji validitas, reliabilitas, Importance dan Performance Analysis (IPA), dan Costumer Satisfaction Index (CSI) dilakukan dengan program SPSS versi 20 dan microsoft office excel. Dalam menghitung persyaratan teknis fasilitas sisi darat bandar udara dihitung berdasarkan standar teknis Direktur Jendral Perhubungan Udara SKEP/77/VI/2005. Hasil penelitian ini menunjukan penumpang sudah cukup puas akan fasilitas terminal keberangkatan dan kedatangan Bandar Udara Kasiguncu. Berdasarkan perhitungan standar teknis pengoperasian fasilitas sisi darat terminal keberangkatan dan kedatangan sesuai ketentuan Direktur Jendral Perhubungan Udara SKEP/77/VI/2005, beberapa fasilitas sudah memenuhi syarat seperti hall keberangkatan, bagasi claim area, toilet kedatangan kerb dan rambu. Namun ada juga yang belum yaitu check in counter dan bagasi conveyort belt. Sejumlah fasilitas berupa check in area, ruang tunggu keberangkatan, tempat duduk, toilet, dan hall kedatangan mempunyai ukuran lebih besar dari perhitungan standar teknis untuk persiapan peningkatan jumlah penumpang kedepannya. Untuk perbaikan perlu penambahan jumlah CCTV, toilet jongkok, volume air pada keran dan watercloset, pengharum toilet, cermin, tempat sampah tertutup dalam bilik toilet, ruang merokok, jumlah tempat duduk, penyediaan ruang kesehatan yang fasilitasnya memadai, memperjelas informasi adanya ruang kesehatan, pengadaan sabun, tissue, pengering tangan, dan petugas fokus atau tidak bercakap-cakap saat melayani penumpang, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses check-in.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas jalur keberangkatan dan kedatangan, kepuasan, kualitas pelayanan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Feb 2018 08:15
Last Modified: 28 Feb 2018 08:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14048

Actions (login required)

View Item View Item