PROSES PENGELOLAAN PROGRAM SMS BROADCAST SEBAGAI MEDIA PENYAMPAI INFORMASI KEPADA PUBLIK (Studi Kasus Program SMS Broadcast oleh Bagian Humas dan Informasi Pemerintah Kota Yogyakarta)

ARITANIA, STEFANI (2016) PROSES PENGELOLAAN PROGRAM SMS BROADCAST SEBAGAI MEDIA PENYAMPAI INFORMASI KEPADA PUBLIK (Studi Kasus Program SMS Broadcast oleh Bagian Humas dan Informasi Pemerintah Kota Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (STEFANI ARITANIA)
KOM04480.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai instansi pemerintah ingin menunjukkan eksistensinya untuk mewujudkan pelayanan publik secara nyata yang bermanfaat dan berguna bagi masyarakat kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan program SMS Broadcast sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada publik dan menganalisis proses pengelolaan program SMS Broadcast yang dilakukan Humas Pemerintah Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif, adapun instrumen yang digunakan adalah wawancara, dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci terhadap narasumber, yang kemudian jawaban diinterpretasikan menjadi data-data primer. SMS Broadcast merupakan salah satu program Pemerintah Kota Yogyakarta yang bertujuan untuk menyampaikan informasi unggulan dan wajib diketahui oleh masyarakat Kota Yogyakarta, serta untuk menyapa masyarakat dan menyampaikan informasi penting kepada masyarakat secara cepat. Sejalan dengan pelaksanaan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, sehingga informasi yang disampaikan memiliki nilai bagi masyarakat dan bersifat informatif. Agar tepat sasaran dan bermanfaat maksimal bagi masyarakat, program SMS Broadcast tidak serta merta dapat langsung dilaksanakan oleh Humas melainkan melalui serangkaian proses manajemen humas yang dilakukan. Diantara serangkaian proses manajemen humas tersebut, perencanaan program merupakan tahapan yang sangat penting karena saling berkesinambungan, sehingga dipengaruhi dan mempengaruhi bagi pelaksanaan atau implementasi program. Hasil penelitian menunjukkan implementasi program SMS Broadcast telah sesuai dengan perencanaan program yang telah dirancang sebelumnya. Dalam hal ini Humas bekerja sama dengan SKPD/ Dinas untuk memberikan informasi yang akan disampaikan melalui SMS Broadcast untuk disampaikan kepada publik. Pada akhirnya, pelaksanaan program SMS Broadcast merupakan salah satu usaha pemerintah untuk menimbulkan partisipasi publik dan membangun kepercayaan publik melalui komunikasi satu arah dengan memberikan informasi kepada publik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media informasi, publik, SMS Broadcast
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:11
Last Modified: 01 Mar 2018 08:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item View Item