Persepsi Mahasiswa tentang Kampanye “Kampus Bebas Asap Rokok” (Survei pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada)

ANJANI, AMILYA (2016) Persepsi Mahasiswa tentang Kampanye “Kampus Bebas Asap Rokok” (Survei pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (AMILYA ANJANI)
KOM04656.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah perokok aktif yang tinggi. Hal inilah yang membuat mulai banyaknya aturan mengenai kawasan beas asap rokok yang diterapkan dibeberapa kota di Indonesia, salah satunya adalah Yogyakarta. Melalui Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 12 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) telah ditetapkan bahwa beberapa kawasan di Yogyakarta merupakan tempat khusus KTR, salah satunya adalah tempat pendidikan. Hal inipun membuat seluruh universitas di Yogyakarta merupakan KTR. Bahkan sebelum adanya aturan ini beberapa universitas di Yogyakarta sendiri telah melakukan kampanye “Kampus Bebas Asap Rokok”. Kampanye “Kampus Bebas Asap Rokok” sendiri adalah salah satu kampanye Public Relations (PR), yaitu kegiatan bertema larangan merokok di area kampus yang dilakukan secara berkelanjutan dan terus menerus oleh pihak universitas. Di mana kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk merubah sikap mahasiswa yang tadinya merokok menjadi tidak lagi merokok di area kampus. Penelitian ini sendiri akan melihat bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kampanye “Kampus Bebas Asap Rokok” ini. Di mana sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK), dan Universitas Gadjah Mada. Persepsi dari mahasiswa ini diketahui dengan cara penyebaran kuesioner secara online melalui google form kepada mahasiswa dari ketiga universitas tersebut. Dari hasil penyebaran kuesioner tersebut diketahui bahwa mahasiswa memiliki persepsi baik terhadap kampanye “Kampus Bebas Asap Rokok” ini. Namun, dalam penerapannya sendiri para mahasiswa masih merasa bahwa kampanye masih belum berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampanye “Kampus Bebas Asap Rokok”, Persepsi Mahasiswa
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:27
Last Modified: 01 Mar 2018 08:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item View Item