PROSES BRANDING AYAM GEPREK MBOK MORO ( Studi Deskriptif Kualitatif Proses Branding Dalam Membentuk Positioning Ayam Geprek Mbok Moro )

LISNANTO G., ALFONSUS (2016) PROSES BRANDING AYAM GEPREK MBOK MORO ( Studi Deskriptif Kualitatif Proses Branding Dalam Membentuk Positioning Ayam Geprek Mbok Moro ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ALFONSUS LISNANTO G.)
KOM02767.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Indusrti kuliner merupakan industri yang berkembang pesat. Dalam 3 tahun belakangan ini sajian ayam geprek menjadi trend dalam bisnis kuliner, khususnya di Yogyakarta. Ayam geprek menjadi sajian yang banyak disuakai karena rasanya mudah diterima oleh masyarakat dan harganya yang terjangkau. Dari banyaknya warung ayam geprek yang ada di Yogyakarta, Mbok Moro muncul sebagai salah satu produsen ayam geprek yang mempunyai target market anak muda. Dengan Segmen anak muda, tampilan Mbok Moro dibuat berbeda dengan kuliner ayam geprek lainya. Penelitian ini menggunakan konsep Duane E. Knapp yang disebut Doktrin Brand Strategy, yang mempunyai lima langkah pedoman tindakan merek untuk menciptakan keunggulan kompetitif, sehingga akhirnya akan membentuk positioning dalam target marketnya. Penelitan ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memahami dan memberi gambaran tentang fenomena yang terjadi. Dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana proses branding yang dilakukan manajemen Mbok Moro dalam membentuk image agar sesuai dengan yang diinginkan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Narasumber yang dipilih adalah manajemen Mbok Moro yang menjadi pelaku utama, ditambah dengan narasumber dari Macmuro studio yang membantu proses branding Mbok Moro. Positioning yang terbentuk dapat dilakukan wawancara dengan target market dari Mbok Moro. Misi dari owner ayam geprek Mbok Moro, Areif Ardi Nugroho merupakan referensi utama yang menjadi pedoman bagi manajemen Mbok Moro dalam melakukan branding. Ayam geprek Mobok Moro memiliki kelengkapan visual branding yang cukup bagus dan lengkap. Visual branding ini kemudian diturunkan menjadi materi promosi yang dilakukan manajemen Mbok Moro. Hasil penelitian ini akan menunjukan bagaimana branding yang dilakukan sesuai dengan image yangn diinginkan manajemen Mbok Moro Setelah melakukan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pentingnya visual branding yang tepat. Saran yang dapat diberikan adalah perlunya konsistensi dan waktu untuk dapat menanmkan image kepada target market. Untuk mencapai hal tersebut manjemen perlu menambah dan mengaktifkan akun sosial media dan memperluas pasar untuk memperkuat brand awareness

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Branding, Positioning, Doktrin Brand Strategy
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2018 09:43
Last Modified: 01 Mar 2018 09:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14074

Actions (login required)

View Item View Item