PERBEDAAN GANGGUAN IKLAN, PENGALAMAN BURUK MASA LALU DAN PENGHINDARAN IKLAN DI INTERNET BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Albert, Sandy (2016) PERBEDAAN GANGGUAN IKLAN, PENGALAMAN BURUK MASA LALU DAN PENGHINDARAN IKLAN DI INTERNET BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Sandy Albert)
KOM03623.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan, hal ini sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan. Banyak orang menggunakan internet untuk komunikasi, interaksi sosial, transaksi bisnis, dan hiburan. Pertumbuhan dan pengembangan fungsi dari internet digunakan para pebisnis untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan dengan menyisipkan iklan saat masyarakat menggunakan internet. Penyisipan iklan di media internet kadangkala direspon negatif oleh masyarakat. Hal ini karena iklan dianggap mengganggu dan audien memiliki pengalaman yang buruk saat menggunakan internet yang disisipi iklan. Penelitian ini dirancang sebagai suatu penelitian empiris dan didesain sebagai penelitian deskriptif kualititatif. Penelitian ini dilakukan pada 94 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang aktif berkuliah di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gangguan iklan (perceived goal impediment), pengaruh buruk masa lalu (prior negative experience) dan penghindaran iklan (ad avoidance) di internet berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Hasil penelitian memberikan bukti yang nyata bahwa, audien merasa terganggu dengan penyisipan iklan di media internet dan memiliki pengalaman buruk atas penyisipan iklan tersebut dan selalu berusaha melakukan pengindaran iklan di internet. Hasil uji beda diketahui adanya perbedaan perilaku penghindaran iklan antara pria dan wanita. Pria memiliki perilaku penghindaran iklan yang lebih tinggi dibandingkan wanita.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gangguan iklan, pengaruh buruk masa lalu dan penghindaran iklan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2018 11:18
Last Modified: 01 Mar 2018 11:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item View Item