PEMILIHAN PEMASOK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DI UD. ALFA OMEGA

CAHYANA, PURBO (2018) PEMILIHAN PEMASOK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DI UD. ALFA OMEGA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TI073780.pdf

Download (500kB)
[img] Text (BAB I)
TI073781.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB II)
TI073782.pdf

Download (451kB)
[img] Text (BAB III)
TI073783.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
TI073784.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB V)
TI073785.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (BAB VI)
TI073786.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB VII)
TI073787.pdf

Download (705kB)

Abstract

UD. Alfa Omega merupakan usaha dagang yang bergerak dibidang penyedia perlengkapan hotel dan restoran yang memiliki beberapa pemasok untuk memasok kebutuhan bahan bakunya. UD. Alfa Omega telah mempunyai prosedur pemilihan pemasok sendiri. Pemilihan pemasok tersebut sering dilakukan secara subjektif oleh pengambil keputusan. Pengambilan keputusan secara subjektif sering berdasarkan intuisi perasaan dari pengambil keputusan dan belum memanfaatkan analisis ilmiah tertentu. Namun pemilihan tersebut masih belum pas, karena masih terjadi keterlambatan barang dari pemasok. Sehingga dilakukan penelitian dengan metode AHP. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kriteria-kriteria yang mempengaruhi pemilihan pemasok dan menentukan bobot masing-masing kriteria dengan menggunakan metode AHP, menentukan prioritas pemasok, dan membandingkan hasil prioritas pemasok dengan menggunakan metode AHP dengan prioritas menurut intuisi pemilik. Pemilihan pemasok ini menggunakan enam kriteria yaitu harga, relasi, kualitas, pengiriman, pelayanan dan fleksibilitas. Tiap kriteria dibobotkan dengan menggunakan metode AHP secara manual dan didapatkan bobot kriteria harga (0.07), reputasi (0.05), kualitas (0.30), pengiriman (0.23), pelayanan (0.24) dan fleksibilitas (0.12). Setelah itu dilakukan pembobotan untuk tiap pemasok dan didapatkan prioritas pemasok adalah PT. Biolina (0,19), PT. Surya (0.09), PT.Cakrawala (0,02), dan PT. Indoprima (0.01).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemilihan pemasok, Analytical Hierarchy Process
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2018 08:49
Last Modified: 05 Mar 2018 08:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14118

Actions (login required)

View Item View Item