PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TENTARA PELAJAR KOTA MAGELANG

Septianawati, Bernadetha (2018) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TENTARA PELAJAR KOTA MAGELANG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TS152880.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
TS152881.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB II)
TS152882.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB III)
TS152883.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB IV)
TS152884.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB V)
TS152885.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TS152886.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hambatan samping adalah dampak terhadap kinerja lalu lintas yangberasal dari aktivitas samping segmen jalan. Hambatan samping yang umumnya sangat mempengaruhi kapasitas jalan adalah pejalan kaki, angkutan umum dan kendaraan lain berhenti, kendaraan tak bermotor, kendaraan masuk dan keluar dari fungsi tata guna lahan di samping jalan.Penelitian dilakukan dengan melakukan survei dilokasi Jalan Tentara PelajarKota Magelang, yaitu dengan mengukur luas area yang akan ditinjai, jumlah kendaraan ringan, berat dan sepeda motor yang melintasi. Mengamati hambatan samping yang terjadi seperti pejalan kaki, kendaraan parkir, kendaraan keluar masuk dan kendaraan lambat serta mengamati parkir dan mencatat setiap plat nomor kendaraan yang masuk dan keluar areal parkir (sepeda motor dan mobil) disetiap pos pengamatan. Survei dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Sabtu, dan Rabu pada tanggal 23, dan 27 September 2017, data diambil pada pukul 07:00 –18:00 WIB. Hasil analisis menunjukan bahwa volume arus lalu lintas pada jam puncak sebesar 1805, 4 skr/jam, kecepatan bebas sebesar 44,0 km/jam, kapasitas sebesar 2337,3 skr/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,78 dan kecepatan yang dipengaruhi derajat kejenuhan sebesar 32 km/jam. Setelah dilakukan solusi perbaikan kinerja jalan pada Ruas Jalan Tentara Pelajar Kota Magelang mengalami Peningkatan. volume arus lalu lintas pada jam puncak sebesar 1805,4 skr/jam, kecepatan bebas sebesar 50 km/jam, kapasitas sebesar 2761,0 skr/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,66 dan kecepatan yang dipengaruhi derajat kejenuhan sebesar 39 km/jam. Jelas dalam mengurangi parkir pada Jalan Tentara Pelajar Kota Magelang dapat mempengaruhi kinerja ruas jalan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: akumulasi parkir, durasi parkir, volume parkir, tingkat pergantian parkir (turn over parking), indeks parkir, kebutuhan ruang parkir.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:01
Last Modified: 16 Mar 2018 08:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14271

Actions (login required)

View Item View Item