PENGARUH DAYA TARIK ISI PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP MOTIVASI BERHENTI MEROKOK

Utami, Ernita Putri (2016) PENGARUH DAYA TARIK ISI PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP MOTIVASI BERHENTI MEROKOK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ernita Putri Utami)
KOM04021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bahaya rokok yang kompleks dan gencarnya promosi rokok di berbagai media massa tidak membuat pemerintah tinggal diam. Pemerintah melalui Kemenkes RI mengeluarkan iklan layanan masyarakat tentang bahaya merokok di televisi. Kampanye bahaya merokok gencar disosialisasikan oleh pemerintah dengan tujuan untuk mengurangi jumlah perokok aktif dan perokok pemula. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh daya tarik pesan iklan layanan masyarakat di televisi terhadap motivasi mahasiswa FISIP UAJY angkatan 2013 untuk berhenti merokok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus-Respon. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Analisis Regresi Linier Sederhana dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh daya tarik pesan iklan layanan masyarakat terhadap motivasi mahasiswa FISIP UAJY angkatan 2013 untuk berhenti merokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik pesan iklan (X) memiliki pengaruh terhadap motivasi berhenti merokok (Y) sebesar 50,1%, dengan nilai regresi R = 0,708. Pada rumus persamaan regresi Y = 5,248 + 0,818 X yang menggambarkan jika daya tarik pesan iklan meningkat sebesar 1 poin, maka nilai motivasi berhenti merokok meningkat sebesar 0,818 poin dan jika daya tarik pesan iklan bernilai nol, maka motivasi berhenti merokok akan bernilai 5,248 poin. Diketahui bahwa sebanyak 64% menilai “Sedang” variabel daya tarik pesan iklan dan 52% menilai “Sedang” variabel motivasi berhenti merokok. Saran yang penulis sampaikan berkaitan dengan hasil penelitian yaitu pemerintah maupun Kemenkes RI lebih memperhatikan konten iklan layanan masyarakat, sehingga lebih mernarik dan lebih bisa meningkatkan sikap untuk berhenti merokok. Selain itu diharapkan adanya penelitian lebih lanjut untuk melihat faktor-faktor lain yang memotivasi untuk berhenti merokok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tarik, motivasi, iklan layanan masyarakat
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Mar 2018 10:14
Last Modified: 20 Mar 2018 10:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14304

Actions (login required)

View Item View Item