DINAMIKA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PENDIRI “PERKUMPULAN TEMAN AHOK” DI JAKARTA SELAMA PENGUMPULAN SATU JUTA KTP DUKUNGAN (Periode 16 Juni 2015-29 Juni 2016)

KARTIKASARI, MARIA VIANE WULAN (2016) DINAMIKA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PENDIRI “PERKUMPULAN TEMAN AHOK” DI JAKARTA SELAMA PENGUMPULAN SATU JUTA KTP DUKUNGAN (Periode 16 Juni 2015-29 Juni 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MARIA VIANE WULAN KARTIKASARI)
KOM04376.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara yang multikultural terlihat dari perbedaan ras, suku bangsa dan agama yang beragam pada individu-individu yang hidup berdampingan dan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Realitas sosial yang demikian menunjukan adanya bentuk komunikasi antarbudaya. Komunikasi antarbudaya juga dapat dilihat pada pendiri “perkumpulan Teman Ahok” di Jakarta, yang berasal dari latar belakang budaya berbeda. Penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana dinamika komunikasi antarbudaya pendiri “perkumpulan Teman Ahok” di Jakarta selama pengumpulan satu juta KTP dukungan (periode 16 Juni 2015-29 Juni 2016). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualilatif dengan metode penelitian studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data yakni wawancara mendalam dan observasi. Subjek penelitian ini terdiri dari lima orang pendiri “perkumpulan Teman Ahok”. Hasil penelitian menunjukan bahwa dinamika komunikasi antarbudaya pendiri “perkumpulan Teman Ahok” memiliki sifat beragam yakni pada unsur-unsur persepsi, proses verbal dan nonverbal. Pada unsur persepsi, dinamika terlihat pada aspek kepercayaan berupa adanya kepercayaan terhadap kaidah larangan menggunakan wanita sebagai objek dalam lelucon tentang seksualitas serta kepercayaan terhadap hak untuk menjalankan ibadah keagamaan. Pada aspek nilai, dinamika muncul pada adanya keberagaman nilai-nilai seperti nilai musyawarah dan mufakat, nilai kekeluargaan, dan nilai keterbukaan terhadap keberagaman budaya serta pada aspek sikap adanya dinamika sikap dalam menanggapi lelucon yang memuat konten rasial dan dinamika dalam menyikapi perbedaan gender. Pada aspek pandangan dunia dinamika terlihat pada beragam pandangan dunia yang ditinjau berdasarkan agama, etnis dan gender. Sedangkan pada aspek keluarga, dinamika yang ada meliputi peran keluarga dalam menanamkan nilai, persepsi serta cara berkomunikasi. Dinamika yang ada pada unsur perilaku verbal, terlihat pada perbedaan penggunaan bahasa verbal serta pola pikir yang meliputi pola pikir tentang etnis Chinese sebagai etnis minoritas serta etnis Chinese sebagai etnis dari kelas menengah ke atas. Sedangkan pada unsur perilaku non-verbal, dinamika muncul pada perilaku non-verbal yang digunakan seperti menangis dan diam, perbedaan konsep waktu tentang orientasi dahulu dan sekarang serta upaya menempatkan diri pada aspek penggunaan ruang. Kesimpulan lain adalah adanya hambatan komunikasi antarbudaya berupa hambatan bahasa dan perbedaan nilai serta perbedaan pola-pola perilaku kultural.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarbudaya, Dinamika Komunikasi Antarbudaya, pendiri “perkumpulan Teman Ahok”
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Mar 2018 12:13
Last Modified: 20 Mar 2018 12:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14308

Actions (login required)

View Item View Item