PROSES REBRANDING KNOCK CAFE! MENJADI KNOCK HANGSPOT (Penelitian Deskriptif Kualitatif Proses Rebranding Knock! Cafe menjadi Knock Hangspot Periode Bulan Januari – Agustus 2015)

Pratama, F.A. Satria Angga (2016) PROSES REBRANDING KNOCK CAFE! MENJADI KNOCK HANGSPOT (Penelitian Deskriptif Kualitatif Proses Rebranding Knock! Cafe menjadi Knock Hangspot Periode Bulan Januari – Agustus 2015). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (F.A. Satria Angga Pratama)
KOM04087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kodya Sleman sejak tahun 2011 mulai bermunculan coffee shop. Pada daerah Jalan Demangan, Sleman, Yogyakarta sudah ada coffee shop besar yaitu Lagani, ESCO, Kopi Ketjil, dan Knock! Café. Jalan Demangan yang daerahnya dipenuhi sekolah, universitas, dan kantor ini sudah pasti ditinggali oleh pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran. Pada bulan Februari 2015 Knock! Café merubah namanya menjadi Knock Hangspot. Pihak pemilik dan manajemennya membuat konsep baru dengan me-rebranding Knock! Café menjadi Knock Hangspot. Penelitian ini membedah proses di dalam rebranding Knock Hangspot. Metode Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi serta penulusuran dokumen seperti foto, screen capture, dan lain-lain yang berhubungan dengan penelitian. Dalam menganalisis hasil temuan, peneliti menggunakan metode triangulasi menggunakan data hasil wawancara sebagai data primer kemudian diverifikasi dengan menggunakan data sekunder. Lokasi wawancara dan penelitian dilakukan di Knock Hangspot, Jalan Demangan 1A, Sleman, Yogyakarta. Kafe ini memiliki segmentasi geografis dan psikografis dikarenakan lokasinya berada di lingkungan universitas, sekolah, dan kantor dan targetnya adalah pria dan wanita yang berstatus pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Hasil penelitian ini adalah mengetahui proses rebranding yang meliputi renaming dengan strategi publicity, redesigning dengan strategi advertising, repositioning dengan strategi publicity dan sporsorship marketing, dan relaunching dengan strategi publicity. Alasan manajerial me-rebranding Knock Hangspot dikarenakan perubahan kepemilikan dan lokasi. Tingkatan rebranding yang sesuai dengan Knock Hangspot adalah corporate rebranding. Namun setelah dilakukan penelitian, keseluruhan proses rebranding Knock Hangspot hanya pada tingkatan renaming. Hal ini disebabkan pihak manajerial hanya mengubah atribut tanpa diikuti perubahan nilai fundamental merek

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rebranding, Coffee shop, Café, Corporate Rebranding, Komunikasi Pemasaran
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Mar 2018 12:32
Last Modified: 20 Mar 2018 12:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14310

Actions (login required)

View Item View Item