IMPLEMENTASI SOSTAC DALAM AKTIVITAS KOMUNIKASI MELALUI SOCIAL MEDIA PADA UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Implementasi SOSTAC Dalam Aktivitas Komunikasi Melalui Social Media Blog, Facebook, Twitter dan Instagram Pada UMKM MBALE JAMPI)

CHANDRA, DAVID KURNIA (2016) IMPLEMENTASI SOSTAC DALAM AKTIVITAS KOMUNIKASI MELALUI SOCIAL MEDIA PADA UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Implementasi SOSTAC Dalam Aktivitas Komunikasi Melalui Social Media Blog, Facebook, Twitter dan Instagram Pada UMKM MBALE JAMPI). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DAVID KURNIA CHANDRA)
KOM04651.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Jamu adalah produk minuman tradisional yang sudah mulai ditinggalkan. Isu Bahan Kimia Obat menjadi black campaign bagi jamu dan menaikkan kepercayaan masyarakat pada obat-obat medis hasil olahan pabrik. MBALE JAMPI merupakan UMKM yang menawarkan produk jamu dengan modern dan di tengah keraguan masyarakat akan jamu. Sebuah komunikasi melalui social media disusun oleh MBALE JAMPI untuk mengkomunikasikan produk jamu kepada anak muda generasi bangsa. Penelitian ini menggunakan konsep Pendekatan SOSTAC dari PR Smith yang dapat digunakan untuk menyusun perumusan strategi dengan komponen inti aktivitas komunikasi melalui social media. SOSTAC terdiri dari enam tahap yaitu situation analysis, objective, strategy, tactic, action, control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi SOSTAC dalam aktivitas komunikasi melalui social media yang dilakukan oleh UMKM MBALE JAMPI. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan secara sistematis implementasi dengan tahapan-tahapan dalam penyusunan aktivitas komunikasi melalui social media. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah in-depth interview, observasi, dan dokumentasi. Narasumber adalah pemilik dan pengelola UMKM MBALE JAMPI, yaitu Natalia Dewi dan Baskoro Latu. Triangulasi data yang dilakukan adalah triangulasi sumber dengan in-depth interview terhadap audiens social media MBALE JAMPI dan pelanggan MBALE JAMPI. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi SOSTAC dalam aktivitas komunikasi melalui social media disusun dan dijalankan oleh pasangan suami istri, Natalia Dewi dan Baskoro Latu. Riset terhadap lingkungan dilakukan oleh Natalia Dewi dan Baskoro Latu untuk mendapatkan data mengenai anak muda. Keprihatinan terhadap kondisi anak muda yang tidak mengenal jamu mendasari ditentukannya ide besar komunikasi. Ide besar komunikasi yang disusun adalah mengedukasi anak muda mengenai jamu. Edukasi kepada anak muda dikomunikasikan dengan bentuk konten di social media yang berisi informasi mengenai segala hal tentang jamu. Pengamatan juga dilakukan oleh Natalia Dewi dan Baskoro Latu untuk menilai performa aktivitas komunikasi di social media yang dilakukan. Pada akhirnya, UMKM MBALE JAMPI mengimplementasikan SOSTAC melalui social media dalam merumuskan aktivitas komunikasi melalui social media dari produk jamu di era modern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi promosi, pendekatan SOSTAC, MBALE JAMPI, UMKM
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Mar 2018 09:43
Last Modified: 21 Mar 2018 09:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14316

Actions (login required)

View Item View Item