PEMBERITAAN DAHLAN ISKAN DALAM LEMBAGA KANTOR BERITA NASIONAL ANTARA (Analisis Framing Media Online Antaranews.com dalam Pemberitaan Dahlan Iskan Selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara Periode Januari-Maret 2013 & Kasus Korupsi Pengadaan Gardu Induk Perusahaan Listrik Negara Periode Juni-Agustus 2015)

KURNIAWAN, YUSTINUS AGYL (2016) PEMBERITAAN DAHLAN ISKAN DALAM LEMBAGA KANTOR BERITA NASIONAL ANTARA (Analisis Framing Media Online Antaranews.com dalam Pemberitaan Dahlan Iskan Selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara Periode Januari-Maret 2013 & Kasus Korupsi Pengadaan Gardu Induk Perusahaan Listrik Negara Periode Juni-Agustus 2015). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YUSTINUS AGYL KURNIAWAN)
KOM04582.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pemberitaan mengenai kinerja Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN periode 2013 dan kasus tindak pidana korupsi pembangunan gardu induk PLN periode Juni- Agustus 2015 merupakan pemberitaan-pemberitaan yang memperoleh cukup banyak perhatian dari khalayak pada media Antaranews.com Pemberitaan tersebut memperoleh banyak perhatian terkait dengan nilai berita prominence atau ketokohan yang melekat pada diri Dahlan Iskan itu sendiri. Kasus tersebut menjadi lebih menarik ketika diberitakan oleh media Antaranews.com, salah satu bagian dari LKBN ANTARA yang memiliki keterkaitan dengan Kementerian BUMN. Dikatakan demikian karena dalam pemberitaan yang dilakukan oleh media, tentunya terdapat agenda yang coba di bangun oleh media itu tersebut dengan cara melakukan framing atas peristiwa yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembingkaian berita yang dilakukan oleh media Antaranews.com terkait dengan peristiwa-peristiwa yang melibatkan Dahlan Iskan dalam periode awal 2013 dan pertengan 2015 pada peristiwa yang berbeda pula. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan analisis data melalui level teks menggunakan analisis framing atas enam (6) pemberitaan yang masing-masing terbagi atas dua peristiwa, yaitu kinerja Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN dan Dahlan Iskan terkait tersangka kasus tindak pidana korupsi pembangun gardu induk PLN. Selain itu, penelitian ini juga didukung dengan analisis level konteks yang menggunakan metode wawancara dengan pihak Antaranews.com. Kemudian pada akhirnya kedua analisis data tersebut akan di gabungkan hingga menemukan frame besar dari media Antaranews.com atas pemberitaan-pemberitaan Dahlan Iskan. Hasil analisis dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) hasil analisis level teks ditemukan bahwa dari 3 berita mengenai kinerja Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN dibingkai bahwa dirinya menjadi sosok yang cepat tanggap, inovatif dan bertanggung jawab. Sementara dari 3 berita mengenai kasus tipikor yang menjerat Dahlan Iskan dibingkai bahwa dirinya adalah sosok yang tidak bersalah dalam kasus pembangunan gardu induk tersebut. (2) Pada analisis level teks ditemukan bahwa Antaranews.com menjalankan tugas sebagai humas ditengah tugas jurnalistiknya bagi pemerintah dan terdapat intervensi dari pemerintah selaku pemilik atas pemberitaan-pemberitaan yang dibuatnya. (3) Pada penggabungan level teks dan level konteks ditemukan bahwa Antaranews.com selaku humas negara memiliki kecendurungan untuk memberitakan kinerja atau kebijakan pemerintah yang bernada positif, kemudian untuk peristiwa-peristiwa yang bernada negatif cenderung akan dikaburkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis framing, Dahlan Iskan, Korupsi, Pemerintah
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Mar 2018 10:40
Last Modified: 21 Mar 2018 10:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item