Tinarbuko, Gregorius Anggertimur Lanang (2016) MAKNA KONOTASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (Studi Deskriptif Kualitatif Makna Konotasi Roland Barthes pada Iklan Layanan Masyarakat 50th Kompas INSPIRA(K)SI yang dimuat pada Surat Kabar Kompas edisi 14-28 Juni 2015). S1 thesis, UAJY.
Text (Gregorius Anggertimur Lanang Tinarbuko)
KOM04302.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini mengambil fokus tentang makna konotasi terhadap iklan layanan masyarakat di surat kabar Kompas. Iklan yang diteliti memiliki nilai spesial karena dibuat bertepatan dengan ulang tahun Kompas ke 50 tahun dengan tajuk INSPIRA(K)SI – Inspirasi Lintas Generasi. Dalam penelitian ini digunakan teori semiotika dari Roland Barthes yang fokus pada makna konotasi. Penggalian makna konotasi dilakukan lewat identifikasi tanda verbal dan tanda visual yang kemudian dideskripsikan menjadi pesan verbal dan pesan visual. Fase berikutnya adalah melakukan interpretasi atas tanda verbal dan tanda visual yang menjadi pesan verbal dan pesan visual itu menggunakan teori makna terkoordinasi. Teori makna terkoordinasi memiliki hierarki makna yang digunakan untuk memberi konteks sebelum dilakukan interpretasi makna oleh peneliti. Selanjutnya, setelah diberikan konteks, digunakan kode sosial dari Roland Barthes untuk menuntut proses interpretasi guna mencari makna konotasi dari iklan layanan masyarakat tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | makna konotasi; iklan layanan masyarakat; Kompas; tanda verbal; tanda visual; pesan verbal; pesan visual; semiotika; Roland Barthes |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 21 Mar 2018 11:37 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 11:37 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14320 |
Actions (login required)
View Item |