FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI PENENTU KEBERHASILAN TRANSAKSI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Forum Jual Beli Kaskus berdasar Tujuh Faktor Komunikasi Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom menurut Penjual)

Aspudya, Damianus Judo (2016) FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI PENENTU KEBERHASILAN TRANSAKSI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Forum Jual Beli Kaskus berdasar Tujuh Faktor Komunikasi Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom menurut Penjual). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Damianus Judo Aspudya)
KOM03369.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Memasuki era moderen, setiap lini kegiatan manusia saat ini terisi dengan teknologi.Menurut data yang ada menunjukkan bahwa adanya perkembangan yang pesat pengguna internet dari tahun ke tahun. Internet membuat kebiasaan jual beli berpindah pada media online.Jenis penelitian ini merupakan kualitatif. Sementara untuk teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Sedangkan metode penelitian yang dipiliih adalah deskriptif dimana dilakukan untuk memaparkan situasi atau peristiwa. Subjek penelitian yang dipilih adalah 2 orang penjual di Kaskus yang menjadi informan peneliti. Teknik analisis yang dipakai menggunakan logika induktif abstraktif. Uji validitas dilakukan dengan triangulasi data dimana di dalam mengumpulkan data, wajib menggunakan beragam sumber data yang tersedia. Selain itu terdapat pengaruh dari karakteristik konsumen. Tahapan keputusan pembelian oleh pembeli diteliti sebagai indikasi keberhasilan transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli.Terdapat faktor-faktor komunikasi yang menentukan keberhasilan transaksi dilakukan oleh penjual. Faktor tersebut antara lain adalah credibility, context, content, clarity, continuity and consistency, kemampuan komunikan, dan channels of distribution. Terdapat juga faktor lain yang mempengaruhi faktor-faktor komunikasiyaitu karakteristik konsumen secara personal yang berupa keadaan ekonomi dan gaya hidup. Sedangkan faktor psikologi berupa motivasi untuk memberi barang.Tahapan keputusan pembelian barang oleh konsumenberpengaruh terhadap komunikasi yang terjadi. Diharapkan penelitian berikutnya melakukan penelitian lebih mendalam terhadap faktor-faktor komunikasi. Diharapkan penjual juga dapat menanggulangi hambatan yang terjadi dalam memanfaatkan faktor-faktor komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, penjual, pembeli, efektif, transaksi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Mar 2018 08:31
Last Modified: 23 Mar 2018 08:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

View Item View Item