Efektivitas Word of Mouth sebagai Teknik Komunikasi Pemasaran (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Mengenai Efektivitas Word of Mouth dari Pelanggan kepada Calon Pelanggan Raccoon)

WURPRATOMO, ALBERTUS GUNTUR (2016) Efektivitas Word of Mouth sebagai Teknik Komunikasi Pemasaran (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Mengenai Efektivitas Word of Mouth dari Pelanggan kepada Calon Pelanggan Raccoon). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ALBERTUS GUNTUR WURPRATOMO)
KOM04275.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Memperkenalkan sebuah produk kepada target market, sungguh nyata diperlukan teknik-teknik berkomunikasi agar produknya cepat dikenal oleh masyarakat dan menarik banyak pelanggan. Teknik-teknik komunikasi pemasaran sangat diperlukan, terlebih komunikasi interpersonal cukup besar perannya dalam menyampaikan pesan-pesan kepada calon pelanggan. Masih berkait ini, strategi Word of Mouth merupakan strategi komunikasi yang fleksibel namun berdampak besar. Sebagai sumber informasi, Word of Mouth lebih kuat disbanding media iklan yang lain (Hasan,2010:25) karena: jujur dan independen, bermanfaat bagi yang bertanya, disesuaikan dengan orang-orang yang tertarik, sebagai media iklan informal, serta dimulai dari satu sumber yang bisa menyebar dengan cepat dan luas. Selanjutnya, dengan Word of Mouth ini, metode AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, dan Action) sangat tepat untuk digunakan. Dalam tulisan ini, akan diteliti bagaimana efektivitas Word of Mouth yang dilakukan pelanggan kepada calon pelanggan sebagai sarana komunikasi pemasaran Raccoon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dan dan didukung dengan dokumentasi serta wawancara. Sampel Random Sampling sebagai pengambilan sampel, dengan populasi para pengunjung toko Raccoon sebanyak 60 responden. Dari penelitian tersebut, olah data menunjukkan angka yang sangat bisa diasumsikan bahwa Word of Mouth ini efektif sebagai teknik komunikasi pemasaran di took Raccoon. Efektif di sini, jelas nampak dari hasil olah data atas total 60 responden yang memperoleh/memiliki skor antara 21-25. Sedangkan hasil penghitungan Guttman diperoleh skor 8,848. Nampak jelas bahwa skor responden jauh di atas skor Guttman, sehingga berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa Word of Mouth dari pelanggan kepada calon pelanggan sudah efektif. Hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa Word of Mouth efektif sebagai teknik komunikasi pemasaran di Raccoon. tentu saja tidak serta merta strategi komunikasi pemasaran yang lain terus tidak dipakai. Singkatnya, strategi yang lain juga telah digunakan juga tetapi dipakai sebagai pendukung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi pemasaran, Produk, Target Market/Calon pelanggan, Word of Mouth, dan AIDCA.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Mar 2018 09:11
Last Modified: 23 Mar 2018 09:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14330

Actions (login required)

View Item View Item