PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM (RSUD) ARGAMAKMUR, BENGKULU UTARA

Wulandari, Benedikta Nicky (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM (RSUD) ARGAMAKMUR, BENGKULU UTARA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Benedikta Nicky Wulandari)
EM20584.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) memiliki peran penting bagi keberhasilan organisasi, artinya kualitas SDM harus sesuai dengan kebutuhan organisasi. Salah satunya melalui komitmen organisasional. Komitmen organisasional dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi kecerdasan emosional terhadap komitmen organisasional pada perawat tetap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Argamakmur. Data yang digunakan merupakan data primer. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang di sebar pada perawat tetap di RSUD Argamakmur. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 79 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan program statistik komputer Statistical Packages of the Social Science (SPSS) versi 17. Berdasarkan analisis regresi linier berganda komitmen organisasional secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi kecerdasan emosional. Secara individual dimensi kecerdasan emosional yaitu social awareness berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasional pada perawat di RSUD Argamakmur, Bengkulu Utara. Dimensi kecerdasan emosional yang lain yaitu self awareness, self management, dan relationship management tidak berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasional pada perawat di RSUD Argamakmur, Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: self awareness, social awareness, self management, relationship management, dan komitmen organisasional.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Apr 2018 07:55
Last Modified: 12 Apr 2018 07:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14395

Actions (login required)

View Item View Item