PENGARUH KOLABORASI RANTAI PEMASOK TERHADAP KEUNGGULAN KOLABORASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kolaborasi dengkel AHASS dengan pemasok di Yogyakarta)

Tristanto, Jeffry Bowo (2018) PENGARUH KOLABORASI RANTAI PEMASOK TERHADAP KEUNGGULAN KOLABORASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kolaborasi dengkel AHASS dengan pemasok di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Jeffry Bowo Tristanto)
EM19451.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Salah satu kata kunci keberhasilan dalam usaha adalah terjalinnya kolaborasi yang kokoh antar pihak dalam sebuah rangkaian pemasok. Kolaborasi adalah suatu proses yang mana pihak yang terlibat memandang aspek-aspek perbedaan dari suatu masalah serta menemukan solusi dari perbedaan tersebut dan keterbatasan pandangan mereka terhadap apa yang dapat dilakukan. Dengan berkolaborasi, masing-masing perusahaan dapat saling melengkapi kekurangan yang dimiliki dan memberikan support/dukungan untuk mencapai keunggulan dalam persaingan bisnis. Kolaborasi yang dilakukan tentunya akan memberikan kemampuan bagi perusahaan untuk memiliki keunggulan bersaing yang lebih baik dalam persaingan bisnis yang semakin ketat dewasa ini. Keunggulan yang dimiliki dalam kolaborasi akan memberikan kontribusi pada peningkatan kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji peran mediasi keunggulan kolaborasi dalam memediasi pengaruh kolaborasi rantai pemasok terhadap kinerja perusahaan. Sampel penelitian ini adalah 100 bengkel AHASS di Yogyakarta. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dan path analysis. Hasil penelitian ini telah memberikan bukti bahwa: 1) Kolaborasi rantai pemasok memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keunggulan kolaborasi. 2) Keunggulan kolaborasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. 3) Kolaborasi rantai pemasok memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kolaborasi rantai pemasok, keunggulan kolaborasi, kinerja perusahaan.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Apr 2018 08:31
Last Modified: 12 Apr 2018 08:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14401

Actions (login required)

View Item View Item