KEBIJAKAN REDAKSIONAL CNNINDONESIA.COM DALAM “INSIDEN DI ASRAMA PAPUA” (Studi Deskriptif Kebijakan Redaksional CNNINDONESIA.COM dalam Rubrik “FOKUS : Insiden di Asrama Papua”)

SARANDITIO, STEPHANUS (2017) KEBIJAKAN REDAKSIONAL CNNINDONESIA.COM DALAM “INSIDEN DI ASRAMA PAPUA” (Studi Deskriptif Kebijakan Redaksional CNNINDONESIA.COM dalam Rubrik “FOKUS : Insiden di Asrama Papua”). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04591.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan redaksional CNNIndonesia.com terkait dalam peristiwa penghadangan aksi damai yang dilakukan oleh mahasiswa Papua di Asrama Papua Kamasan I di Yogyakarta. Rencananya aksi ini bertujuan untuk mendukung kemerdekaan Papua dari Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap tiga narasumber pada 21 Desember 2016, dan 10 Januari 2017 di Jakarta. Narasumber pertama adalah mantan pemimpin redaksi, mantan editor, dan redaktur pelaksana CNNIndonesia.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CNNIndonesia.com adalah media online hasil kerjasama waralaba antara CNNInternasional dan Transcorp. Meskipun berada dibawah dua perusahaan media besar, CNNIndonesia.com tetap berdiri sendiri dalam merumuskan kebijakan redaksinya. Sebagai sebuah media, CNNIndonesia.com menerapkan beberapa kebijakan redaksi yang diputuskan oleh pimred melalui rapat redaksi, kebijakan redaksinya mengutamakan akurasi dan cepat, disiplin verifikasi, berita yang ditulis harus adil dan sesuai kode etik dan berita harus jujur, tidak boleh menutupi fakta. Terkait dengan peristiwa di asrama Papua, CNNIndonesia.com melalui liputan khusus di rubrik FOKUS bertujuan memberikan ruang bagi orang Papua untuk bisa menyampaikan pendapatnya yang selama ini didiskriminasi oleh media. CNNIndonesia.com melalukan ini karena media harus adil dalam memberitakan isu apapun, tanpa membedakan satu kelompok dengan kelompok yang lain serta berani untuk menyampaikan fakta apa yang terjadi sebenarnya tanpa menutup mata dengan sisi lain yang terjadi dalam peristiwa tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Redaksi, Media Online, Papua, Indonesia, CNN Indonesia
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Apr 2018 13:22
Last Modified: 17 Apr 2018 13:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14453

Actions (login required)

View Item View Item