MEDIA KOMUNITAS DAN SUPORTER SEPAKBOLA (Analisis Deskriptif Kualitatif Pemaknaan Komunitas Suporter Klub Sepakbola PSS Sleman tentang Kolom Story di Media Komunitas

Kusumo, Adhi Danar (2017) MEDIA KOMUNITAS DAN SUPORTER SEPAKBOLA (Analisis Deskriptif Kualitatif Pemaknaan Komunitas Suporter Klub Sepakbola PSS Sleman tentang Kolom Story di Media Komunitas. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Adhi Danar Kusumo)
KOM04393.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)

Abstract

Dalam suatu pertandingan olahraga, suporter memiliki peran penting dalam memberi dukungan dan membangun suasana di tempat pertandingan berlangsung. Peran mereka tak tergantikan. Tanpa kehadiran mereka di tribun stadion, pertandingan olahraga tentu tidak akan berlangsung meriah. Kebersamaan mereka pun dijaga sedemikian rupa dengan mendirikan sebuah media komunitas sebagai salah satu jalan membangun komunikasi dan menyampaikan informasi. Pemaknaan pembaca merupakan hal yang penting dalam konteks ini, karena sebuah teks media akan menjadi berarti setelah dimaknai oleh audiensnya. Dalam penelitian ini, pemaknaan tersebut dapat diketahui dengan melihat bagaimana supporter klub PSS Sleman mengadopsi inovasi yang disampaikan di kolom Story. Untuk melihatnya peneliti menggunakan teori Difusi Inovasi yang dikenalkan oleh Everett M. Rogers. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara informal sebagai metode pengumpulan data. Obyek pada penelitian ini adalah media komunitas www.sleman-football.com dan subyeknya adalah supporter PSS Sleman. Menonjolkan kreativitas supporter dalam memberi dukungan kepada PSS Sleman dan menolak konflik antar supporter yang kerap berujung kerusuhan adalah ide yang coba disampaikan Sleman Football melalui kolom Story di media komunitas dan dapat ditangkap oleh informan. Meskipun demikian, tidak semua informan optimis bahwa inovasi berupa ide tersebut dapat diterapkan dalam komunitas supporter PSS Sleman. Kategori adopsi dari informan juga menunjukkan mereka berada pada posisi yang meragukan keberhasilan dari ide tersebut. Dari tiga informan yang merupakan supporter PSS Sleman, satu orang menempati kategori early majority dan dua lainnya berada di kategori late majority. Faktor knowledge menjadi faktor yang paling mempengaruhi kategori adopsi dari informan tersebut. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa media komunitas Sleman Football melalui website www.sleman-football.com memiliki fungsi sebagai perekat antar sesama supporter PSS Sleman. Selain itu, mereka juga memiliki tujuan untuk memberikan hal-hal baru melalui informasi yang disampaikan dalam bentuk tulisan yang mengedukasi, agar kedepannya supporter PSS Sleman dapat menjadi lebih baik lagi dalam menjaga kesolidan dalam memberi dukungan melalui hal-hal kreatif dan terhindar dalam konflik antar supporter yang kerap kali berujung kerusuhan yang merugikan. Meskipun tujuan tersebut belum bisa tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemaknaan, difusi inovasi, media komunitas, supporter PSS Sleman.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2018 10:14
Last Modified: 19 Apr 2018 10:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14475

Actions (login required)

View Item View Item