HUBUNGAN PENGGUNAAN PORTAL OLX DENGAN AKTIVITAS JUAL-BELI GADGET DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN TAWARMENAWAR PADA KALANGAN MAHASISWA ASAL MEDAN DI YOGYAKARTA

Pandubongso, Mikhael Prastian (2016) HUBUNGAN PENGGUNAAN PORTAL OLX DENGAN AKTIVITAS JUAL-BELI GADGET DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN TAWARMENAWAR PADA KALANGAN MAHASISWA ASAL MEDAN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Mikhael Prastian Pandubongso)
KOM03133.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, dapat dilihat dari perusahan gadget yang meluncurkan produk mereka dengan sangat capat. Pergantian gadget yang cepat ini membuat pengguna juga sering mengganti gadget mereka. Portal jual-beli online juga semakin mendapat tempat bagi pengguna gadget yang tidak ingin repot dalam mencari referensi, ataupun mempermudah transaksi. Aktifitas jual-beli ini dekat dengan kemampuan tawar-menawar yang sering kita lakukan untk mendapatkan kesepakatan harga. Penelitian ini ingin melihat apakah terdapat hubungan aktifitas jual-beli dengan kemampuan tawar-menawar melalui penggunaan portal OLX sebagai perantaranya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif dan verifikatif. Subjek pada penelitian ini mahasiswa UAJY yang berasal dari Medan. Metode pengumpulan data menggunakan koesioner yang disebar dan perhitungan menggunakan skala likert. Hasil pengolahan data menggunakan uji korelasi pearson’s menjukan angka hubungan r sebesar 0.003 yang menurut angka korelasi Sugiyono berkategori sangat lemah, dan juga hasil korelasi parsial yang menunjukan angka r sebesar -0.063 yang menunujukan arah hubungan yang terbalik dan sangat lemah. Penggunaan portal OLX juga dinyatakan mengganggu hubungan antara aktifitas jual-beli dengan kemampuan tawar-menawar. Penelitian ini menunjukan hubungan yang sangat rendah antara aktivitas jual-beli dengan kemampuan tawar-menawar, dan varibel penggunaan portal OLX sebagai variabel antara ternyata mengganggu hubungan atas variabel X dan Y.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktifitas jual-beli, kemampuan tawar-menawar, penggunaan portal OLX.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2018 09:46
Last Modified: 23 Apr 2018 09:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14495

Actions (login required)

View Item View Item