Enrico, Lintang (2011) PODCAST SEBAGAI MEDIA PENGAJARAN BAHASA INDONESIA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM01982.pdf Download (791kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM01982.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM01982.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab III)
3KOM01982.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi internet memegang peranan penting dalam komunikasi jaman modern ini. Jumlah pengguna internet yang semakin bertambah dengan cepat tiap tahunnya. Kehidupan manusia banyak terbantu dengan adanya internet, seperti berbisnis, berbelanja hingga pendidikan. Kemudian semua orang dapat berposisi sebagai komunikator melalui medianya sendiri seperti blog, youtube atau radio internet. Radio internet terbagi menjadi dua jenis yaitu streaming dan podcast. Yang membedakan adalah streaming harus tersambung internet untuk mengakssnya sedangkan podcast harus diunduh terlebih dahulu. Podcast ditemukan oleh Adam Curry pada tahun 2000. Podcast telah dimulai di Indonsia sejak tahun 2005. Podcast Survival Phrases adalah podcast edukasi yang mengkhususkan membantu para orang asing atau wisatawan yang hendak berpergian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana podcast digunakan sebagai media edukasi dalam mengajarkan bahasa Indonesia praktis pada orang asing pada podcast Survival Phrases. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui isi komunikasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis transkip naskah hasil dari audio podcast serta data-data lain yang didapatkan dari website. Landasan konseptual yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pembelajaran, media audio digunakan untuk pembelajaran, Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penganalisian isi podcast berdasarkan unit analisis metode, strategi dan pendekatan pengajaran serta fungsi podcast sebagai media massa pada masyarakat dan individu Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa podcast Survival Phrases dapat digunakan sebagai media edukasi yang menggunakan pendekatan Whole Language, komunikatif dan integratif. Metode jenis Audiolingual dan tematik serta strategi pembelajaran Dirrect Instruction dan mengulang. Podcast mempunyai menjalankan fungsi mendidik serta dapat meningkatkan pengetahuan pendengarnya serta dapat menjembatani kesenjangan budaya. Proses pembelajaran menggunakan podcast termasuk jenis komunikasi bermedia. Setelah melakukan penelitian ini, saran yang dapat penulis berikan adalah penelitian ini dapat menjadi referensi penelitian-penelitian yang akan mendatang mengenai objek yang sama yaitu radio internet, podcast. Topik ini masih jarang dipilih sehingga diharapkan penelitian ini bisa memberikan kontribusi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Podcast, Radio Internet, Media Audio Pengajaran |
Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 16 May 2013 11:50 |
Last Modified: | 16 May 2013 11:50 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1454 |
Actions (login required)
View Item |