PENGARUH WORD-OF-MOUTH, NORMA SOSIAL DAN PENGETAHUAN PRODUK BARU TERHADAP KEINGINAN MEMBELI IMPULSIF PADA TEMPAT MAKAN BARU DI YOGYKARTA

Angreni, Ing Maya (2017) PENGARUH WORD-OF-MOUTH, NORMA SOSIAL DAN PENGETAHUAN PRODUK BARU TERHADAP KEINGINAN MEMBELI IMPULSIF PADA TEMPAT MAKAN BARU DI YOGYKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Ing Maya Angreni)
EM20148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Fenomena pembelian secara impulsif tidak hanya terjadi terhadap pembelian produk yang memiliki nilai ekonomis. Keinginan memenuhi kebutuhan pokok yaitu produk makanan maupun minuman juga dipengaruhi oleh pembelian secara impulsif. Tempat makan baru yang memiliki daya tarik berupa varian makanan dan minuman, rasa nyaman, akses internet dan harga yang terjangkau dapat mempengaruhi keputusan pembelian secara impulsif. Di Yogyakarta usaha tempat makan seperti ini semakin banyak. Biasanya sebagai mahasiswa ketika melihat teman mengunggah foto tentang rekomendasi tempat makan maka tidak jarang sebagian dari mahasiswa akan mencoba mengunjungi tempat tersebut agar terlihat up to date.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakahword-of-mouth, norma sosial dan pengetahuan produk baru berpengaruh terhadap keinginan impulsif pada tempat makan baru di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan denganmenggunakan metode uji beda, uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pada variabel keinginan membeli impulsif dan word-of-mouth terhadap uang saku per bulan, terdapat perbedaan pada variabel pengetahuan produk baru terhadap frekuensi rata-rata responden mencoba tempat makan baru. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa pengetahuan produk baru berpengaruh terhadap keinginan membeli impulsif. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa word-of-mouthdan norma sosial berpengaruh terhadap pengetahuan produk baru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: word-of-mouth, norma sosial, pengetahuan produk baru, keinginanmembeli impulsif.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Apr 2018 08:46
Last Modified: 27 Apr 2018 08:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14540

Actions (login required)

View Item View Item