DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MENJAGA TRADISI SUKU POSO DI YOGYAKARTA (Studi Kasus di Sintuwu Maroso Jogja (SMJ) Pada Tahun 2017)

MAYGIESTA, PRISCELLY (2018) DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MENJAGA TRADISI SUKU POSO DI YOGYAKARTA (Studi Kasus di Sintuwu Maroso Jogja (SMJ) Pada Tahun 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PRISCELLY MAYGIESTA)
KOM04566.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dinamika komunikasi kelompok di SMJ dalam menjaga tradisi suku Poso di Yogyakarta. SMJ membutuhkan dinamika komunikasi kelompok untuk menjaga tradisi. Dinamika komunikasi dalam sebuah kelompok dipengaruhi oleh aktivitas yaitu interaksi, konflik yang timbul serta penentuan keputusan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Narasumber penelitian ini adalah penasehat, ketua dan dua orang anggota SMJ. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses interaksi yang terjalin dalam anggota kelompok SMJ adalah terjalin pada saat kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulannya yaitu rapat rutin dan ibadah, untuk keaktifan dari anggota masih pasif. Selain itu komunikasi juga terjalin dengan adanya media sosial berupa grup facebook, line sehingga informasi kelompok dapat sampai dengan cepat kepada anggota SMJ; 2) Konflik yang terjadi pada anggota SMJ adalah kurang saling pemahaman, menghargai satu sama lain. Konflik tersebut disebabkan karena terdapat beberapa anggota yang kurang aktif dalam grup media sosial sehingga tidak mengetahui adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh SMJ. Selain itu masih ada anggota yang mengedepankan sifat individual; 3) Penentuan keputusan kelompok dalam menyelesaikan konflik adalah dengan cara pengurus mendamaikan kedua belah pihak yang bertikai dengan musyawarah dan menjunjung asas kekeluargaan serta dicarikan solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Upaya yang dilakukan oleh anggota SMJ dalam menjaga tradisi Suku Poso di Yogyakarta adalah dengan menggunakan bahasa daerah Poso dengan sesama anggota kelompok sebagai ciri khas kelompok dan berguna untuk mengakrabkan sesama anggota kelompok, ikut berpartisipasi dalam kegiatan budaya seperti Pekan Budaya Tionghoa dan Festival Melanesia. SMJ menampilkan tarian Suku Poso yaitu Torompio.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dinamika Komunikasi, Kelompok, Tradisi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 May 2018 10:35
Last Modified: 04 May 2018 10:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14633

Actions (login required)

View Item View Item