PERENCANAAN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS UNTUK MEMBANGUN CITRA (Studi Kasus pada Kampanye Public Relations Rumah Sakit Dr. Sardjito Yogyakarta tahun 2009 dan 2010)

Manik, Gina Margaretha (2011) PERENCANAAN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS UNTUK MEMBANGUN CITRA (Studi Kasus pada Kampanye Public Relations Rumah Sakit Dr. Sardjito Yogyakarta tahun 2009 dan 2010). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02687.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02687.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02687.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02687.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02687.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Setiap organisasi atau perusahaan membutuhkan citra yang baik dibenak masyarakat atau publiknya. Kebutuhan perusahaan untuk menciptakan citra yang baik dimata publik inilah yang menjadi salah satu fungsi yang dijalankan oleh Public Relations lewat program-programnya. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kebutuhan rumah sakit untuk membangun citra positif dibenak masyarakat, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan membuat suatu program kampanye, sehingga dibutuhkan suatu bentuk perencanaan kampanye Public Relations yang dapat membangun citra rumah sakit (Dr. Sardjito Yogyakarta) dimata masyarakat atau publiknya. Citra positif yang ingin diperoleh oleh rumah sakit tidak dapat terwujud dalam sekejab, melainkan terwujud melalui proses yang terencana dan dengan terbentuknya kesepahaman dan dukungan terhadap rumah sakit tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kampanye Public Relations yang dibuat oleh rumah sakit Dr. SardjitoYogyakarta untuk membangun citra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang dipakai adalah Perencanaan Kampanye Public Relations menurut Anne Gregory. Adapun tahap perencanaan kampanye Public Relations menurut Anne Gregory terdiri dari: analisis, tujuan, publik, pesan, strategi, taktik, skala waktu, sumber daya, evaluasi, dan review. Bagi rumah sakit Dr. Sardjito, citra yang ingin dibangun adalah sesuai dengan konsep rumah sakit vertical milik Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yaitu tipe A Pendidikan dan sesuai dengan visi dari rumah sakit Dr. Sardjito yaitu menjadi salah satu rumah sakit unggulan dalam bidang pelayanan, pendidikan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara, sehingga kampanye Public Relations ditujukan untuk membangun citra rumah sakit sebagai mitra terpercaya menuju sehat. Hasilnya, perencanaan kampanye Public Relations yang dilakukan oleh rumah sakit Dr. Sardjito belum dapat membangun citra yang diharapkan. Evaluasi terhadap citra rumah sakit Dr. Sardjito belum dilakukan sehingga Bagian Hukum dan Humas tidak tahu pencapaian mereka berhasil ataukah tidak dalam membangun citra.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Kampanye, Public Relations, Citra
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 May 2013 13:12
Last Modified: 16 May 2013 13:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item