PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA DOKTER UMUM DENGAN PASIEN RAWAT JALAN

Prawiga, Dhara Bella Trixy (2018) PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA DOKTER UMUM DENGAN PASIEN RAWAT JALAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Dhara Bella Trixy Prawiga)
KOM04869.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan proses penyampaian pesan dari dokter umum kepada pasien baik secara verbal maupun nonverbal berdasarkan peranan komunikasi interpersonal, komunikasi verbal dan nonverbal yang diterapkan dan kepuasan pasien yang menjadi tujuan UPTD Puskesmas Wates, Kulon Progo. Dilihat bahwa komunikasi interpersonal yang dilibatkan dengan dokter umum dan pasien di UPTD Puskesmas yakni kurangnya peranan komunikasi interpersonal antara dokter dengan pasien dalam berkomunikasi secara efektif terhadap pasiennya, karena kepuasan pasien adalah tujuan dari komunikasi interpersonal yang efektif, sama halnya di Puskesmas Wates. Peranan komunikasi interpersonal verbal dan nonverbal antara dokter dengan pasien dan kepuasan pasien merupakan poin ulasan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Obyek dan subyek penelitian ini adalah dokter umum dan pasien lama UPTD Puskesmas Wates, Kulon Progo. Jenis data dan sumber data menggunakan data primer yakni informasi lisan dari dokter dan pasien, data sekunder yakni sumber data dari dokumen-dokumen asli UPTD Puskesmas Wates yakni rekapitulasi hasil registrasi pasien, identifikasi analisa kebutuhan pasien, rekapitulasi hasil survei kepuasan pasien. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data, yakni observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pada akhirnya, peranan komunikasi interpersonal antara dokter umum dengan pasien sudah diterapkan dengan baik, yakni Pelaksana pelayanan kesehatan, sebagai pendidik, sebagai pengamat kesehatan, Koordinator pelayanan kesehatan, Sebagai pembaharu, Pengorganisir pelayanan kesehatan, Sebagai panutan, sebagai tempat bertanya, Sebagai pengelola namun komunikasi verbal dan nonverbal yang dokter terapkan kepada pasien masih kurang tepat sehingga, pasien masih kurang puas dengan pelayanan yang dokter berikan baik komunikasi verbal dan nonverbal sebagai dasar dokter dan pasien berkomunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peranan Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Verbal Dan Nonverbal, Kepuasan Pasien
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 May 2018 08:19
Last Modified: 21 May 2018 08:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item